HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Jumat, 1 Maret 2024

Peringati HPNS Pegawai Pemkab Dharmasraya Gelar Goro Masal

Aksi gotongroyong (Goro) Massal pemerintah Kabupaten Dharmasraya peringati Hari Peduli Sampah Nasional
Aksi gotongroyong (Goro) Massal pemerintah Kabupaten Dharmasraya peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Dharmasraya (Minangsatu) - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, pemerintah Kabupaten Dharmasraya gelar gotongroyong (Goro) Massal, dalam rangka membersihkan ibukota. Kegiatan tersebut lebih terpusat pada pusat kota daerah mekar itu, Jumat (1/3/24). 

Bupati Dharmasraya Desa wakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Budi Waluyo kepada awak media menjelaskan, peringatan HPSN tahun ini menyasar pembersihan sampah plastik berserakan di jalan jalan ibu kota. 

Adapun target pengumpulan sampah plastik selama Goro sebanyak 5  ton. Sedangkan sampah plastik berhasil terkumpul akan dipilah dan residunya akan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) berada di Gunung Medan. 

DLH juga akan melakukan Penukaran sampah yang bisa di daur ulang dengan uang ke bank sampah tersedia. Dengan semangat kebersihan lingkungan secara bersama, pengumpulan sampah plastik dapat tercapai, daerahpun bersih. 

"Sesuai pantauan saya di lapangan, sudah lebih lima truk sampah siap diantar ke TPS untuk dipilih," kata Budi Waluyo. 

Ia juga menjelaskan, bahwa Goro HPSN 2024 ini, sebagai wujud nyata pegawai Dharmasraya dalam berpartisipasi membersihkan lingkungan sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Supaya umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Di samping itu, kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.