HOME SOSIAL BUDAYA KOTA BUKITINGGI

  • Kamis, 22 Juni 2023

Peringati HLUN Ke 27 Tahun 2023, Pemko Bukittinggi Siapkan Program Kesehatan Untuk Lansia

Peringati HLUN ke 27 tahun 2023 Bukittinggi
Peringati HLUN ke 27 tahun 2023 Bukittinggi

Bukittinggi, (Minangsatu) - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Balairung rumah dinas wako, Kamis (22/06/2023)

Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, menjelaskan, Kota Bukittinggi merupakan Kota dengan Usia Harapan Hidup Tertinggi di Provinsi Sumatera Barat yaitu 74,4. Artinya, komposisi penduduk usia lansia semakin besar, saat ini jumlah Lansia di Kota Bukittinggi sekitar 11.636 orang (hampir 9 % dari total penduduk) dan pada tahun 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 136.716 jiwa (10%).

"Peningkatan jumlah lansia dengan berbagai masalah kesehatannya menjadi tantangan bagi kita untuk mempersiapkan lansia yang sehat, mandiri dan produktif agar meminimalisir beban bagi keluarga, masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, kesehatan lansia ini sudah masuk ke dalam indikator RPJMD Kesehatan Kota Bukittinggi dan merupakan Standar Pelayanan Minimal yang menjadi tugas dan fungsi Kepala daerah untuk memenuhinya," jelasnya.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, mengapresiasi semangat para lansia ini.

Momentum peringatan Hari Lanjut Usia Nasional hendaknya menjadi pendorong bagi seluruh pihak untuk lebih memperhatikan keberadaan para Lansia.

Pemko sendiri telah melaksanakan program kesehatan, yang ditujukan untuk meningkatkan status kesehatan lansia. Ada 63 Posyandu Lansia yang tersebar di semua kelurahan.

Tujuh Puskesmas yang bisa dikatakan Puskesmas yang santun pada lansia dan sembilan kelompok pemberdayaan, yang menjadi ajang pentingnya keberadaan lansia dalam mengayomi anggota keluarga dan kelompok masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

"Semua ini adalah bentuk kepedulian pemerintah Kota Bukittinggi terhadap lansia kita. Semua Lansia adalah orang tua kita, sehingga sudah seharusnya kita menaruh perhatian dan kepedulian lebih terhadap para Lansia. Untuk itu, kami mengajak kepada masyarakat umumnya dan generasi muda khususnya, Untuk meningkatkan kesadaran diri, partisipasi dan kepedulian sosial terhadap para Lansia, agar mereka mampu untuk memiliki jiwa yang sehat, produktif dan mandiri dalam menyalani kehidupan sosialnya," pungkas Fiona.

Dalam HLUN ke-27 ini, dilaksanakan kegiatan senam sehat dan juga fashion show oleh para lansia Kota Bukittinggi.(*)


Wartawan : Anasrul
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Bergabung ke Komunitas Whatsapp Dunsanak MinangSatu