HOME OPINI FEATURE

  • Sabtu, 14 Januari 2023
Mengungkap Tabir Kegiatan Memeriahkan HUT Dharmasraya Ke-19 Tahun

Oleh : Syaiful Hanif

Seri : 6 (Enam) 

Mentri PUPR Resmikan Pemakaian Masjid Agung Dharmasraya

Dharmasraya (Minangsatu) – Jumat (6/1/23) merupakan  hari yang barokah bagi seluruh masyarakat Dharmasraya. Pasalnya, pengoperasian Masjid Agung, juga termasuk ikon daerah mekar itu, diresmikan oleh Basuki Hadimujiono, merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia,. 

Masjid ini dibangun diatas lahan seluas 6,26 hektar, tanah tersebut merupakan hibah dari Kementerian Pertanian RI. Adapun bangunan lantai 1 dan lantai 2 seluas 8.700 M/segi. Adapun kapasitas penampungan jamaah, diatas 8.000 orang.

Tentunya Masjid Agung Dharmasraya ini, sangat nyaman dan representatif bagi umat islam untuk beribadah. Disamping bangunan sangat megah, sekeliling Masjid juga di penuhi tanaman hias, dan tempat parkir luas. Lokasi Masjid, juga bisa dimanfaatkan  bagi pengunjung untuk berwisata religius. 

Selain itu, Masjid Agung Dharmasraya ini, juga akan digunakan sebagai pusat pendidikan agama, serta tempat menanamkan ilmu ketaqwaan dan penyebaran syiar Islam. Terpenting lagi, akan mampu menunjang ekonomi umat. 

Peresmian tersebut juga dihadiri Walikota Solok, Zul Elfian Umar, Unsur Forkopimda Dharmasraya, Kapolres Sijunjung, Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Ibunda Hj Puti Jawanis, Para Daulat Kerajaan se-Kabupaten Dharmasraya, Ketua TP PKK Dharmasraya, serta ribuan warga setempat. 

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, tentunya bersyukur atas kesempatan Menteri PUPR, untuk meresmikan pengoperasian Masjid Agung Dharmasraya. Disela kesibukannya, dirinya berkenan untuk hadir yang bertepatan dalam rangka memeriahkan HUT Dharmasraya ke-19 tahun. 

Banyak hal positif didapatkan atas kehadiran Mentri PUPR di Dharmasraya. Bahkan, bagaikan sebuah cahaya yang menerangi kegelapan. Pasalnya, cukup banyak harapan masyarakat Dharmasraya dibidang pembangunan infrastruktur. 

Berdirinya kokohnya Masjid Agung Dharmasraya yang diresmikan ini, dibangun sewaktu masa sulit, yakni masa Pandemi Covid-19. Sehingga, Pemerintah Daerah bersama DPRD harus melakukan penganggaran dalam APBD secara bertahap selama 3 tahun. 

Setan Riska juga menjelaskan, secara struktur bangunan mencerminkan pola kehidupan social budaya masyarakat Dharmasraya dan Minangkabau. Masjid memiliki empat buah kubah, sehingga terlihat bertingkat dan berjenjang seperti orang sujud. Dengan pengertian menggambarkan masyarakat Dharmasraya taat dalam melaksanakan ajaran Islam dan memiliki empat menara. 

Sekarang masih dalam tahap penyelesaian. Hal ini menggambarkan motto Kabupaten Dharmasraya yaitu Tau Jo Nan Ampek, yang mengandung arti masyarakat memiliki pengetahuan komplek tentang adat, agama, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sedangkan tau jo nan ampek juga mengandung makna yang komplek yaitu nan ampek di syara atau agama yaitu kitab nan ampek. Terdiri dari Kitab Zabur, Taurat, Injil dan Kitab Al-Qur’an. Sahabat yang ampek (Khullafahurrasyid) terdiri dari Abu Bakar Siddiq, Umar Bin Khatab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib. 

Imam yang Ampek, terdiri dari Imam Syafii, Imam Hanafi, Imam Hambali dan Imam Maliki. Adat nan Ampek terdiri dari adat nan sabana adat. Adat nan diadatkan, adat nan taradat dan adat istiadat. Tau dengan sejarah kerajaan nan ampek dalam Kabupaten Dharmasraya yaitu Kerajaan Siguntur, Pulau Punjung, Padang Laweh dan Koto Besar. 

Sementara itu menurut Menteri PUPR, mengatakan bahwa pembangunan Masjid Agung ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan Pemerintah Pusat. Dan berahap agar keberadaan Masjid Agung ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

Menteri PUPR juga berharap agar Masjid Agung ini dapat dipelihara dengan sebaik mungkin, karena memelihara lebih berat dibandingkan dengan membangunnya. Dengan memelihara sebaik mungkin pembangunan Masjid Agung ini, maka peruntukkan Masjid Agung dapat dimanfaatkan sesuai dengan harapan dan keinginan kita bersama.***.


Tag :#dharmasraya

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News