HOME RANCAK KOTA PADANG PANJANG

  • Kamis, 13 Januari 2022
Tanaman Hias Homalomena Frog Bernilai Ekonomi: Pemko Padang Panjang Diminta Segera Patenkan
Wako Fadly Amran saat gelar pertemuan bersama Direktur Buah dan Hortikultura Kementan RI.

Padang Panjang (Minangsatu) - Kota Padang Panjang tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan dan kuliner, tapi juga sebagai kota berudara sejuk. Makanya, tidak heran aneka tanaman tumbuh subur di wilayah ini. Salah satunya, tanaman hias "Homalomena Frog" yang sudah terkenal ke manca negara, bernilai ekonomi dan bisa diekspor.

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Liferdi, S.P, M.Si, Selasa (11/1/2022), meminta Pemko Padang Panjang segera mematenkan tanaman hias lokal Homalomena Frog asal kota ini untuk dipatenkan sebelum ada pihak lain yang mematenkan.

Hal itu terungkap dalam acara Temu Teknis Pengembangan Hortikultura bersama Wako Fadly Amran dan OPD terkait bertempat di Aula Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) setempat.

Kepala Dispangtan Kota Padang Panjang, Ade Nafrita Anas, M.P menjelaskan, tanaman ini merupakan tanaman hias lokal yang dianggap biasa saja di sini. Namun ternyata diminati oleh pecinta tanaman hias di luar negeri. "Menang, banyak negara yang meminati tanaman ini. Untuk ke depan, kita akan tindak lanjuti hal ini," sebut  Ade.

Sementara Wako Fadly Amran mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementan yang telah bekerja sama dengan Dispangtan Padang Panjang. "Ini merupakan sebuah peluang untuk membangkitkan sektor pertanian maupun ekonomi kelompok tanaman hias di Kota Padang Panjang," kata Fadly.


Wartawan : Asril Dt Pangulu Batuah
Editor : ranof

Tag :#tanamanhias#homalomenafrog#cirikhaspadangpanjang#kementanri#mintadipatenkan#