HOME OLAHRAGA KOTA PADANG PANJANG

  • Senin, 20 Juni 2022
Sebanyak 51 Ekor Kuda Dipastikan Berlaga Di 10 Race Event Pacu Kuda Pabasko.
Suasana rapat panitia pelaksana pacuan kuda Pabasko, Minggu (19/6/2022).

Pd.Panjang (Minangsatu) - Disaksikan pengurus Pordasi Padang Panjang, Pordasi Sumbar dan Dewan Stewar. Pengukuran dan Registrasi Kuda akan berpacu di gelanggang pacuan Bancah Laweh Padang Panjang.

Diperkirakan, sebanyak 51 ekor kuda dari Kab/Kota di Sumbar  akan berlaga di 10 Race yang akan diperlombakan di alek pacu kuda  Anak Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto ( Pabasko) ini. " Panitia pelaksana  dari Pordasi Padang Panjang, Pordasi Provinsi Sumatera Barat serta Dewan Steward telah melakukan pengukuran dan regristasi kuda yang akan berpacu, ", ujar Ketua Pelaksana, Delius Putra, Minggu (19/6/2022) petang. 

Usai pengukuran dan registrasi kuda,  dilanjutkan dengan Drawing untuk Race yang akan dipertandingkan. Hasil Drawing, 51 ekor kuda dapat dipastikan akan bersaing di 10 Race  diperlombakan. Di antaranya, Draf Bogi Baru  2.400 m, Draf Bogi Usang 3.200 m, Kelas E Perdana Pacu 600 m, Kelas CD Perdana 600 m, Kelas AB Perdana 800 m, Kelas CD Pemula 1.200 m, Kelas  AB Pemula 1.400 m, Kelas  Terbuka 1.200 m, Kelas Remaja 1.600 m, dan Derby 1.800 m.

Kuda kuda akan berpacu di 10 Race tersebut, antaranya berasal dari kontingen tuan rumah Padang Panjang, Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Sawahlunto, Tanah Datar. Semua perwakilan kontingen  diundang pada saat Drawing.

Sementara Ketua Harian Pordasi Padang Panjang, Fedri, S.H mengatakan,  setelah selesai dilakukan Drawing. Pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait untuk membahas teknis pelaksanaan di hari H. Termasuk  mendata usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nantinya akan berjualan di area pacuan.

Berpijak  instruksi Wali Kota, bagaimana perhelatan pacuan kuda ini bisa berdampak ekonomi pada masyarakat, khususnya pelaku UMKM. "Harapan kita bersama, bagaimana pelaksanaan pacuan kuda sehari ini dapat berjalan dengan baik, dan punya dampak ekonomi disamping hiburan ke masyarakat Kota Padang Panjang" tandas Fedri.


Wartawan : Asril Dt Pangulu Batuah
Editor : boing

Tag :#PadangPanjang#PacuanKuda#Pabasko#minangsatu