HOME PERISTIWA KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Rabu, 15 September 2021
Ponpes Nurul Iman Sitiung Hangus Dilalap Si Jago Merah
Kondisi Ponpes terekam lensa media ini saat kejadian

Dharmasraya (Minangsatu) - Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman berada di Jorong Pisang Rebus, Kenagarian Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, hangus dilalap sijago merah. Kejadian itu berawal sekira pukul 00,45 Wib dini hari, Rabu (15/9/21). 

Menurut Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, S I.K, M.T, walaupun tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. Namun kerugian materil mencapai Rp550.000.000 (Lima Ratus Lima Puluh Juta).

Sesuai dengan keterangan saksi atas nama Rismawati, 30 th, warga setempat menjelaskan, dari rumahnya berdekatan dengan tempat kejadian perkara (TKP) mendengar suara gemuruh. 

Sontak saja dirinya keluar rumah, untuk memastikan sumber bunyi tersebut. Sesampai luar rumah, dirinya kaget Alang kupalang, karena melihat ada kobaran api mulai membesar dari arah dapur kantin Ponpes. Melihat kenyataan itu, dirinya langsung membangunkan orang tuanya bernama Sulasih, 48 th.

Karena dirundung rasa cemas, bercampur ketakutan kedua saksi langsung berteriak mintak tolong untuk memberitahukan kepada warga setempat. Mendengar ada suara  orang mintak tolong, Sodikin,44 th, terbangun dari tidurnya dan langsung keluar rumah. Sesampai di luar rumah diribyabmelihat api membakar gedung Ponpes.

Tanpa buang waktu, Sodikin langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan petugas Kepolisian sejajaran Dharmasraya. Tidak berselang lama petugas Damkar dan anggota Polri sampai di TKP. Dibantu warga setempat, para petugas mampu memadamkan api sekira pukul 02.30 wib. 

"Walaupun Api berhasil di padamkan namun, 6 unit ruangan bangunan Ponpes sudah dalam kondisi terbakar," terang Anggun. 

Ia juga menyebutkan, ruangan sudah hangus di lahap sijago lambai itu meliputi, 1 unit ruangan kantin putra, 1 unit ruangan kantin putri, 1 unit ruangan Gugus Depan (Gudep) dan 3 unit  ruangan lokal.

"Dugaan sementara, kebakaran bersumber dari kantin akibat memasak dengan kompor gas. Korban jiwa tidak ada, namun kerugian Materil dialami Ponpes senilai Rp550.000.000." Pungkas AKBP Anggun Cahyono.*


Wartawan : Syaiful Hanif
Editor : Benk123

Tag :#dharmasraya, #kebakaran