HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN TANAH DATAR

  • Kamis, 5 Mei 2022
Petani Menjerit, Harga Pupuk Meroket
Kawasan pertanian di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Tanah Datar (Minangsatu) - Ratusan masyarakat petani dikawasan Batipuah X Koto (Basko) menjerit. Harga pupuk, mencapai ratusan ribu hingga jutaan perkarung. Misal, untuk pupuk urea putih Rp 700 ribu per karung, pupuk NPK Rp 900 ribu per karung, pupuk SS (bareh) Rp 720 ribu per karung. Sementara harga sayur mayur dipasaran merosot tajam. 

Menurut Dt Gamuak, 47, salah seorang petani di X Koto, akibat harga pupuk yang begitu mahal, banyak lahan yang di tinggal atau tidak digarap  petani. Jika kondisi seperti ini terus berlarut larut, tidak menutup kemungkinan akan banyak lahan tidak dapat  digarap. " Kita berharap Pemerintah Kabupaten/Propinsi maupun Pusat melalui Kementrian Pertanian Prov/Kab/Kota untuk secepatnya mencarikan solusi untuk pengendalian harga pupuk ", kata Dt Gamuak. 

Ironisnya, lagi pupuk subsidi selama ini cukup berperan membantu petani kini tak lagi ada. Besar harapan kami, pak Bupati Tanah Datar melalui OPD terkait secepatnya membicarakan kondisi ini dengan instansj terkait di Provinsi. Jika  kondisi seperti ini berlangsung berlarut larut, tidak menutup kemungkinan banyak lahan pertanian tak mampu di garap petani, tambahnya. 

Sementara Dt Parpatiah, 50, petani lainnya menambahkan, perihal harga pupuk yang meroket itu sudah berlangsung lama. Dalam hal ini, atas nama petani dikawasan X Koto sangat berharap, bagaimana Pemkab Tanah Datar bisa menyikapi jeritan ratusan  petani di wilayah X Koto, harap Dt Parpatiah.*


Wartawan : Asril Dt Pangulu Batuah
Editor : Benk123

Tag :#tanah datar, #petani