HOME SOSIAL BUDAYA KOTA SAWAHLUNTO

  • Kamis, 27 Januari 2022
Musrenbang Kecamatan Talawi : Walikota Deri Asta Minta OPD Percepat Realisasi Visi Dan Misi
Walikota Sawahlunto Deri Asta Membuka Musrenbang Kecamatan Talawi Bertempat di Lantai 2 Puskesmas Talawi, Rabu (26/1)

Sawahlunto (Minangsatu) - Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengingatkan jajaran pemerintahannya untuk melakukan percepatan pelaksanaan program visi dan misi Pemkot. 

"Kami sampaikan bahwa komitmen pada realisasi program visi dan misi itu harus dijaga, ditingkatkan dan dipercepat. Kita sudah memulai dan hasilnya sudah mulai terlihat, maka sekarang mari kita maksimalkan betul, tolong kecepatan kerjanya ditambah lebih dari biasanya," kata Wali Kota Deri Asta dalam pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Talawi, Rabu (26/1/2022).

Wali Kota menyebut para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran pemerintahan terdepan (Camat, Desa dan Lurah) harus mampu membaca,  menerjemahkan dan mewujudkan visi misi Pemkot yang sudah dirinci pelaksanaannya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

"Mari kembali berfokus pada sembilan program unggulan Pemkot, yaitu mendukung agama dan kebudayaan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi kerakyatan, peningkatan kualitas pendidikan untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman kreatif dan berdaya saing, mewujudkan pemerintahan yang baik bersih dan inovatif, peningkatan mutu pelayanan kesehatan, pengembangan potensi wisata yang berkelanjutan, menyediakan infrastruktur publik yang merata dan memadai, penanganan khusus pada kelompok marginal, lansia, disabilitas dan gangguan jiwa serta mendukung smart city untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investasi," ujar Wali Kota mengajak.

Wali Kota Deri Asta menekankan supaya jangan ada program visi dan misi Pemkot itu yang tidak berjalan, karena itu jika jajarannya menemukan kendala dalam melaksanakan itu maka diminta agar secepatnya dilaporkan sehingga bisa dibahas bersama jalan keluarnya, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut yang membuat pekerjaan menjadi terhambat. 

"Saat ini, kita telah terus mempertahankan menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan, kemudian berbagai penghargaan atas beragam prestasi, termasuk yang baru ini kita berhasil menjadi daerah dengan penduduk miskin paling rendah se-Indonesia. Ini menunjukkan Pemkot Sawahlunto telah berada di jalur yang baik dan benar dalam mengelola pembangunan kota dan pelayanan masyarakat. Jadi sekarang bagaimana kita fokus memperkuat dan mempercepat kinerja," kata Wali Kota. 

Kepada para peserta Musrenbang Kecamatan itu, Wali Kota Deri Asta berpesan agar pembahasan rencana pembangunan itu disinkronkan pada visi dan misi Pemkot.*


Wartawan : Hendra Idris
Editor : Benk123

Tag :#sawahlunto