HOME PARIWISATA KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Minggu, 9 Juni 2019
Ini Klarifikasi Humas Pemkab Pasbar Terkait Mahalnya Tiket Masuk Pantai Sasak
Gerbang kawasan wisata Pantai Sasak

Simpang Empat (Minangsatu) - Sejumlah warganet di media sosial (medsos) Face Book mengeluhkan mahalnya harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Sasak, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mendapat klarifikasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Kabag Humas Setdakab Pasbar.

Seperti yang di sampaikan Akun Face Book #Sakino Rehanmunzaki# mengatakan "Hari ini saya ke pantai sasak untuk biaya karcis saya Rp. 15.000 dan istri saya Rp. 15.000 serta biaya Parkir Rp. 5.000 dengan Total Rp. 35.000 satu sepeda motor," ucapnya.

Terkait itu, Kabag Humas Pasbar, Yosmar Difia menyampaikan, dugaan pungutan liar yang diviralkan warganet tentang masuk objek wisata Pantai Sasak bukanlah kebijakan Pemkab Pasbar, melainkan kebijakan masyarakat pengelola objek wisata itu.

"Objek wisata Pantai Sasak bukanlah objek wisata yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, tetapi dikelola oleh masyarakat sekitar lokasi objek wisata tersebut," sebut Yosmar Difia kepada wartawan, Minggu (9/6).

Sehubungan dengan status pengelolaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Badan Aset dan Pendapatan Daerah, hanya mengenakan Pajak Hiburan sebesar 15 % dari pendapatan pengelolaan objek wisata oleh masyarakat setempat tersebut.

"Mengenai tarif masuk objek wisata,  Pemkab Pasbar tidak ikut serta dalam proses penentuan tarif, melainkan langsung ditetapkan oleh masyarakat pengelola objek wisata itu," tuturnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dibantu personil TNI/Polri tetap melaksanakan tugas dari segi pengamanan dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Untuk ke depan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Pariwisata akan menindaklanjuti masukan serta tanggapan atas permasalahan tiket ini dengan berbagai pihak yang berkompeten termasuk masyarakat pengelola kawasan wisata tersebut," sebut kabag.


Wartawan : Afratama
Editor : T E

Tag :Pasbar #Pantai Sasak