HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

  • Selasa, 7 Mei 2019

Desa Sipora Jaya Tunggu Termin Kedua Dan Ketiga Untuk Jalankan Kegiatan

Kepala Desa Sipora Jaya Mujiyanto
Kepala Desa Sipora Jaya Mujiyanto

Sipora Jaya (Minangsatu) - Pembangunan Fisik di Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, akan dimulai pada pencairan anggaran ke II, pasalnya pada termin kedua dan ketiga angaran yang dicairkan lebih besar dari pada termen pertama.

Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Sipora Jaya Mujiyanto kepada wartawan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (07/05). "Kalau kegiatan fisik belum kita mulai dan akan kita mulai pada pencairan anggaran termin kedua atau ketiga, karena anggarannya jauh lebih besar dibandingkan termen pertama," ungkapnya.

Ia menyebutkan tahun 2019 ini ada dua kegiatan fisik yang dialokasikan 20 persen dari Anggran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) diantaranya penggusuran lapangan bola kaki dan pembangunan jalan lingkungan. "Kegiatan fisik tahun ini ada dua anggarannya 20 persen dari total  APBDes Rp 2,1 Miliar," tuturnya.

Sementara pada kegiatan non-fisik selain biaya operasional yang dikucurkan sebesar 30 persen dari APBDes, pihaknya akan membantu pendidikan paut/tk dari sisi pendidikan, kemudian dari sisi pertanian pihaknya akan memberikan bantuan bibit kepada para petani dan memberikan sapi ternak kepada kelompok tani.

"Tahun ini kita juga membantu pendidikan paut, kemudian dari sisi pertanian kita juga akan memberikan bantuan bibit dan mengembangkan peternakan sapi, yang mana bibitnya nanti secara bergilir akan dirawat oleh kelompok tani," paparnya. 

Disamping itu tahun ini pihaknya juga akan menambah fasisilitas Aula yang dibagun selama dua tahun anggaran tersebut, dimana Aula itu sudah mulai digunakan oleh banyak orang dalalm kegiatan tertentu. Ia menyebutkan masih banyak yang perlu diadakan untuk melengkapi fasilitas Aula tersebut diantaranya AC dan sound system.

"Tahun ini kita akan melengkapi fasilitas aula diantaranya pengadaan AC dan sound system, agar pihak yang menggunakan fasilitas kita bisa lebih nyaman dan puas dengan pelayanan kita, kedepan kita akan membuat regulasi untuk mengahasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pemanfaatan Aula ini," pungkasnya.


Wartawan : Redi Harianto
Editor : T E

Tag :Sipora Jaya #Mentawai

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com