HOME KESEHATAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Rabu, 26 Mei 2021
Wagub Audy, Memuji Pasbar Cukup Baik dalam Penanganan Covid-19
Wagub Audy Joinaldy dan Doktor dr Andani Eka Putra, meninjau kondisi RSUD Pasaman Barat, Rabu (26/5/2021).

Pasbar (Minangsatu) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat (Pasbar) dalam rangka visitasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasbar, Rabu (26/5/2021).

Kedatangan Wakil Gubernur bersama Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr. Andani Eka Putra, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Busril, dan Kepala Dinas PMD Sumbar Syafrizal Ucok disambut oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Direktur RSUD Pasaman Barat, Yuswardi.

Menurut Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, RSUD Pasbar, termasuk terbaik dalam penanganan pasien covid termasuk juga pemasangan ventilator terhadap pasien Covid-19. "Karena kita lihat berdasarkan data yang masuk ke Ruang ICU RSUD Pasbar ini yang menggunakan ventilator Covid-19, menurut surveinya cukup tinggi dan tingkat pasiennya bisa keluar hidup, sehat dan bagus sampai 58 persen," kata Wagub.

Ia juga berharap apa yang dilakukan RSUD Pasbar pada hari ini terus dipertahankan dan diviralkan untuk penanganan Covid-19 di Sumbar dan sebagai salah satu contoh bagi rumah sakit kabupaten/kota di Sumbar. "Untuk itu kita pujikan tenaga kesehatan (nakes) terutama dokter anastesi RSUD Pasbar, telah melakukan penangan covid dengan sigap dan baik," ujar Audy.

Dengan kesigapan tersebut Audy Joinaldy memberikan bantuan kepada RSUD Pasbar berupa dua unit ventilator dari pemprov Sumbar sebagai tambahan alat untuk meningkatkan pelayanan penanganan covid di RSUD ini. "Bagi para pejuang Covid-19 dan juga seluruh staf rumah sakit, terutama bagi dokter anastesi, perawat dan tenaga administratif kami juga mengucapkan terima kasih sebesar besarnya, semoga alat ventilator ini dapat membuat RSUD Pasbar ini lebih meningkat pelayanannya," ucap Wagub.

Selain mengunjungi rumah sakit, Wagub juga meninjau rumah/tempat isolasi di tingkat nagari diantaranya, di Jorong Ampek Koto, Nagari Kinali, dan Nagari Aua Kuning. "Karena kita lihat dua wali nagari ini cukup pro aktif dan sudah faham dalam mengendalikan covid-19 di nagarinya. Sekarang hanya tinggal bagaimna konsisten dijalankan dengan aturan yang ada," tutur wagub.

Sementara itu, Direktur RSUD Pasaman Barat, Yuswardi, mengucapkan terima kasih atas kunjungannya ke RSUD tersebut. "Besar harapan kami dari kunjungan ini dapat menjadikan support pada RSUD Pasaman Barat untuk berbuat yang lebih baik lagi," harapnya Yuswardi.

Data yang dilansir Portal Resmi Pemprov Sumbar, melaporkan, konfirmasi pasien positif Rabu (26/5/2021), Pasaman Barat, 9 orang dari total Sumbar, 291 orang. Pasien Pasbar sembuh 3 orang. Total positif Pasbar, 915, meninggal dunia 49 orang (5,36 %), sembuh 754 orang (82,40%), berada pada zona oranye, dengan skor 2,12.


Wartawan : Rilis/Adpim-Sbr
Editor : ranof

Tag :#Pasaman Barat#Andani#Wagub#Sumbar#Audy#Covid-19#Zona oranye#