HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN PASAMAN

  • Jumat, 26 April 2019
Batik Sisiak Khas Pasaman Tampil Semarak Di Jakarta Convention Centre 2019
Batik Sisiak Khas Pasaman Tampil semarak di Jakarta Convention Centre 2019

Jakarta (Minangsatu) - Sebuah karya Batik khas daerah Kabupaten Pasaman yang dinamakan Batik Sisiak Ikan Equator, di pajang berjejeran bertempat di stand Inacraft 2019 Hall B Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan Jakarta, tepatnya pada Stand Dekranasda Kabupaten Pasaman. 

Batik ini merupakan buah tangan dari siswa pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping. Selain pertama kali, Penampilan Produk Batik khas daerah Pasaman ini juga menjadi momentum awal pengenalan ke khalayak ramai, terutama para perantau Pasaman agar mengetahui bahwa sudah ada Batik khas dari Kabupaten Pasaman. 

Haryadi, Kepala BLK Lubuk Sikaping yang ikut serta membawa Batik tersebut ke Pameran menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Dekranasda Kabupaten Pasaman atas kesempatan yang diberikan kepada BLK Lubuk Sikaping. 

"Kita sangat berterima kasih karena hasil karya siswa BLK dibawa ke Pameran Inacraft di Jakarta ini," ujar Haryadi kepada Minangsatu.com melalui media Whats Up.

Haryadi juga menuturkan terimakasih kepada Kepala BLK Padang perwakilan Kemnaker RI di Sumbar yang telah memberikan program pelatihan membatik ini, Walaupun awalnya dikatakan Haryadi sempat ragu akan kesanggupan untuk melaksanakan pelatihan membatik ini di Pasaman. 
"Alhamdulillah, hasil produk karya siswa ini bisa di pamerkan, sungguh sangat luar bias," kata Haryadi. 

Haryadi juga menjelaskan, bahwa Batik Sisiak Ikan ini menjadi produk siswa BLK Lubuk Sikaping karena didorong dan motivasi langsung oleh Kemnaker RI melalui program BLK Padang.

Haryadi berharap Batik ini menjadi produk andalan Kabupaten Pasaman dimasa mendatang.  "Siswa siswa yang sudah dilatih di BLK diharapkan kedepan dapat memproduksi batik khas Pasaman sebanyak banyaknya, sehingga mampu menjadi daya saing ekonomi," harap Haryadi.

Batik Sisiak Ikan Equator dikemas dengan kekayaan jenis warna merupakan produk batik hasil ngetrok, canting dan tulis serta lukis yang pewarnaannya dilakukan melalui pengeliran celup, colet dan lukis. 

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pasaman, selain Batik Sisiak Ikan Equator di standnya, juga menampilkan berbagai produk unggulan hasil kreasi pengrajin lokal Pasaman dalam pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019, di Jakarta Convenction Center (JCC).

Pengurus Dekranasda Kabupaten Pasaman didampingi Kepala Dinas Perdaginnaker Kab. Pasaman Edison mengatakan, keikutsertaan Pasaman dalam ajang itu sebagai upaya strategi promosi produk-produk lokal yang ada di daerah, sehingga lebih dikenal publik nusantara dan diharapkan mampu menuju go internasional.

 “Dengan membawa karya baru batik Sisiak ikan dari BLK Lubuksikaping, kiranya kedepan dapat menjadi ciri khas yg dibuat putra putri Pasaman, mudah-mudahan dapat menjadi daya tarik dan ramai dikunjungi oleh pembeli dari dalam maupun luar negeri. Fokus orientasi kami adalah untuk terus mempromosikan produk-produk unggulan dari Kabupaten Pasaman yang variatif, inovatif, dan fungsional. Tanpa meninggalkan sisi trend yang berkembang di masyarakat serta memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global,” ujar Edison di Inacraft Jakarta. 

Acara yang berlangsung mulai tanggal 24 April hingga 28 April 2019 itu, dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), di Assembly Hall JCC, Jakarta, pada Rabu (24/4/2019) pagi.

Nampak hadir juga ibu negara Iriana Jokowi, Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Airlangga Hartato, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 


Wartawan : M. Afrizal
Editor : melatisan

Tag :#batik sisiak pasaman