HOME OLAHRAGA KOTA PADANG

  • Sabtu, 11 Juni 2022
Unand Merajai Perolehan Medali Cabor Taekwondo

Padang (Minangsatu) - Universitas Andalas sukses merajai cabang olahraga beladiri taekwondo Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMProv) Sumatera Barat dengan memimpin perolehan medali terbanyak. 

Selama pertandingan taekwondo Pomprov ini, kontingen Unand sukses mengumpulkan 8 medali emas, 1 perak dan 1 medali perunggu. 

Sementar itu, tuan rumah UNP hanya mampu mendulang 3 emas dari kelas under 54 kg putra, under 80 kg putra, dan under 57 putri.

Pada nomor under 54 kg putra, Daffido Fandano yang berhadapan dengan Raffi Sofia unggul 22-13 pada partai final. Kedua kontingen UNP tersebut harus berbagi tempat pada urutan satu dan dua. Sementara itu Andri Vernandes dari Unand peroleh medali perunggu usai kandaskan kontingen PNP, Athif.

Pada nomor under 46 kg putri, kontingen STMIK, Berinda, harus mengakui keunggulan Yulia atlet dari Unand. Dengan poin akhir 23-14, Yulia sumbangkan medali emas untuk Unand. Pada posisi ketiga diperoleh As-syifa dari UNP.

Selanjutnya, di kategori under 49 kg putri, kembali di peroleh oleh atlet Unand. Gema yang berhadapan dengan Febrina Angel pada partai final berhasil kandaskan perlawanan atlet UNP tersebut 19-15.

Pada nomor under 53 kg putri, kembali mempertemukan kontingen Unand dan UNP pada partai final. Lagi, atlet taekwondo Unand Jessyca tumbangkan Nella Amanda 29-16. Pada posisi ketiga ditempati oleh Ewa Wira dari PNP.

Lanjut, pada nomor under 58 kg putra, Farrel Zaidan dari Unand berhadapan dengan Raihan Hidayah. Lagi, Farel aman kan emas untuk Unand. 

Hal serupa juga terjadi pada nomor under 68 kg putra. M. Al Hadid persembahkan emas yang ke tujuh usai taklukkan atlet UNP Alfiza Candra 18-6.

Selanjutnya pada nomor under 68 kg putra mempertemukan kontingen PNP dengan kontingen Universitas Terbuka. Pada partai final itu, M.Rizky atlet PNP keluar sebagai jawara usai kandaskan perlawanan Rizky Amrulah dengan skor 29-9. 

Pada under 57 kg putri, kembali mempertemukan atlet UNP dengan rivalnya Unand. Beruntung, Abela Febriyona berhasil pecundangi Salwa Rantho dengan skor mencolok 25-0. Dengan hasil itu, Abela berhasil sumbangkan medali emas untuk UNP.

Untuk kelas under 80 kg dan 87 kg putra, Biamantara dan Zainudin diakui menang "bye" karena tidak adanya lawan tanding pada kelas tersebut. 

Hal tersebut juga terjadi pada nomor under 62 kg, 67 kg dan 73kg putri. Mia, Syahara, dan Zona diakui menang bye pada kategori tersebut.

Atlet taekwondo Unand, Farrel Zaidan, seusai pertandingan merasa berayukur atas raihannya dan dapat mempersembahkan medali emas untuk Unand. 

Ia berharap dapat memperoleh medali emas lagi pada ajang Pomnas nanti.

"Alhamdullah saya hari ini raih emas, dan untuk Pomnas nanti saya akan berupaya lagi raih medali emas dan saya akan berlatih lebih giat lagi," pungkasnya.

Penanggung jawab cabang olahraga taekwondo, Yogi Setiawan, M.Pd kepada Mainangsatu menjelaskan, terkait masih kurangnya peserta taekwondo pada beberapa nomor dikarenakan minimnya informasi yang didapat oleh universitas. 

"Sebenarnya atlet taekwondo ini di Sumbar sangat banyak, karena minimnya informasi yang didapat universitas jadi mereka tidak mengirimkan atletnya," sebutnya. 

Yogi berharap adanya pembukaan seleksi tahap kedua untuk olahraga taekwondo agar memaksimalkan persiapan menjelang Pomnas nanti.(*)


Wartawan : Habil
Editor : Benk123

Tag :#pomprovsumbar2022, #unp