HOME PERISTIWA KABUPATEN AGAM

  • Rabu, 25 Desember 2019

Terkait Bunga Rafflesia Arnoldi Yang Tumbuh Di Nagari Baringin, Ini Prediksi Kepala BKSDA Resor Agam

Inilah bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam
Inilah bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam

Agam (Minangsatu) - Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) resor Agam, memprediksi bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal menjadi bunga terbesar di dunia. 

Kepala BKSDA resor Agam melalui unit Pengendalian Ekosistem Hutan (PEH) Ade Putra, Rabu (25/12/19), mengatakan, prediksi perkembangan Rafflesia Arnoldi bakal menjadi bunga bangkai terbesar di dunia ini terlihat dari kuncup (knop) yang berdiameter sekitar 100 cm. "Dari kuncupnya saja berdiameter 100 cm. Tentu diameter dari bunga itu akan bertambah apabila mekar," ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan, diperkirakan bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi itu akan mekar sempurna sekitar satu minggu kedepan. Hal itu terlihat dari knop dari bunga itu yang telah berwarna merah. 

Sebelumnya, sekitar tahun 2017 silam, bunga langka jenis Rafflesia Tuanmudaee di Jorong Marambuang, Nagari Palembayan, berdiameter 107 cm mengalahkan rekor bunga Rafflesia di Filipina yang hanya berdiameter 100 cm. 

"Nah, bunga Rafflesia Arnoldi yang akan mekar sekitar seminggu kedepan ini bakal mengalahkan rekor dua bunga Rafflesia itu," ujarnya lagi.

Untuk menjaga habitat bunga itu, pihak BKSDA resor Agam telah memasang plang peringatan serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga habitat bunga langka ini.

"Kita telah memasang papan larangan untuk tidak merusak karena dilindungi Undang-undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," ulasnya.


Wartawan : Muhammad Fadillah
Editor : melatisan

Tag :#bunga langka #raflesia

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com