HOME WEBTORIAL PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Senin, 20 Desember 2021
Tahun 2021, Tahun Penuh Prestasi PT Semen Padang

Padang (minangsatu) - Lebih dari seabad,  PT Semen Padang telah menghiasi industri semen nasional. Berdiri sejak 18 Maret 1910,  PT. Semen Padang telah mengukir banyak prestasi di berbagai bidang dari tahun ke tahun. Tahun 2021 merupakan tahun dengan segudang prestasi bagi PT. Semen Padang. Berikut 10 prestasi  yang diraih PT Semen Padang sepanjang tahun 2021.
  
1.Corporate Branding PR Awards 2021
PT Semen Padang meraih penghargaan Corporate Branding PR Awards 2021 untuk kategori perusahaan semen dari media Iconomics yang diumumkan  secara virtual pada acara bertajuk "2nd Indonesia Corporate Branding PR Awards 2021" di Jakarta, Kamis 22 April 2021.

Awards ini, dilakukan melalui proses riset dengan mengukur fondasi reputasi organisasi yaitu Commercial, Organizational, dan Social. Dari masing-masing fondasi tersebut dibedah lebih dalam menjadi 9 aspek. 

Dalam pilar Commercial dinilai aspek product & service quality, size & presencedan growth.  Adapun pada pilar Organizational yang dinilai aspek competency, employment welfaredan cleanliness & honesty. Terakhir, pilar Social yang terdiri dari aspek social-environmental contribution, custom value, dan familiarity.

Teknik riset yang digunakan untuk menghasilkan para pemenang tersebut melalui survei yang dilakukan secara online kuantitatif dengan total responden lebih dari 10 ribu. Survei online ini menyasar responden dari 10 kota besar di Indonesia. Adapun waktu survei dilakukan pada Februari hingga Maret 2021.

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro saat membuka acara, mengatakan, penghargaan itu diberikan kepada sebanyak 117 institusi baik perusahaan maupun kementerian yang dinilai terbaik dalam membangun citra.

2.Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity  dari The Iconomics
Selanjutnya, penghargaan Indonesia CSR Brand Equity  dari The Iconomics, PT Semen Padang meraih penghargaan Indonesia CSR Brand Equity - Gold Award 2021 dari The Iconomics untuk kategori perusahaan semen. 

Penghargaan itu diumumkan secara virtual  dan diserahkan Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro kepada Dirut PT Semen Padang Yosviandri yang diwakili  Kepala Departemen Komunikasi  & Hukum Perusahaan Oktoweri, pada Awarding Iconomics CSR Brand Equity Award 2021, Rabu 5 Mei 2021. Penghargaan Brand Equity dari The Iconomics ini merupakan yang kedua kali, sejak tahun 2020. 

Penghargaan ini,  membuktikan bahwa pelaksanaan program CSR yang dilakukan PT Semen Padang sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan citra tanggung jawab sosial terbaik di kategori masing-masing. Perusahaan-perusahaan yang menerima apresiasi ini melalui kajian CSR Brand Equity dengan melalui survei online pada 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10 ribu responden.

Dalam kajian tersebut ada 2 hal utama yang menjadi fokus kajian, yakni CSR-Activity Awareness dan CSR Image. CSR-Activity Awareness melihat sejauh mana publik merasa mengetahui atau pernah melihat/mendengar tentang kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. 

Keberlangsungan CSR Brand Equity Award ini dapat menjadi acuan efektivitas komunikasi corporate berlandaskan aktivitas CSR yang dilakukan, sehingga dapat mengoptimalkan peran CSR, meluas dari social contribution ke commercial

 3. Meraih 3 Stars pada Ajang APQO-IC Australia
Pada Rabu 15 September 2021 tim inovasi PT Semen Padang kembali mencatatkan prestasi gemilang pada ajang internasional. Kali ini dua tim yang diikutkan PT Semen Padang pada  Asia Pacific Quality Organization International Conference (APQO-IC) yang digelar secara virtual di Perth, Australia, berhasil meraih 3 Stars,  anugerah tertinggi pada ajang tersebut.

Kedua tim inovasi PT Semen Padang itu masing-masing  Watercooper dan Fast Track yang berasal dari Unit WHRPG & Utilitas PT Semen Padang. Kedua tim ini meraih penghargaan 3 Star, setelah tampil memukau dihadapan para juri APQO/IC. 

Prestasi dua tim kali ini telah melengkapi torehan tim inovasi PT Semen Padang pada ajang yang sama tahun 2019 di Bali, dimana pada saat itu empat tim PT Semen Padang berhasil menyabet 3 Stars.

Tim Watercooper, judul inovasinya adalah "Mengurangi Downtime PLTA Kuranji dengan Membuat Jalur Alternatif Transimisi 20kv di Gardu Induk PT Semen Padang tahun 2019".  Tim  ini terdiri dari Mick Donald, Dongkel Perangin Angin, Rizki Dwi Ernald, Yoga Hamnika dan Ruki Tri Julman.

Kemudian tim Fast Track dengan judul inovasi "Penggunaan Automatic Transfer Switch (ATS) di Gardu Induk PT Semen Padang untuk Mempercepat Normalisasi Power Gardu Induk saat Terjadi Blackout Listrik Lebih dari 30 Menit Menjadi Kurang dari 1 Menit.

Kedua tim yang meraih predikat 3 Star ini merupakan tim yang sebelumnya meraih penghargaan Platinum di ajang Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) dan  terbaik pada ajang Semen Padang Improvement Event (SPIE).

 4.Penghargaan Platinum dari Menaker
PT Semen Padang meraih penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-29 di Tempat Kerja dengan kategori Platinum dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia Ida Fauziyah. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy dan diterima oleh Direktur Operasi PT Semen Padang Asri Mukhtar di Padang, Kamis (16/9).

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi PT Semen Padang, karena  merupakan perusahaan pertama yang menginisiasi program vaksinasi untuk lansia dan juga karyawan serta masyarakat di Sumatera Barat.

5. Penghargaan dari Kementerian ESDM
PT Semen Padang meraih penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021, dari Direktorat Jenderal Minerba dan Batubara, Kementerian ESDM Republik Indonesia, Rabu 29 September 2021. 

Penghargaan berupa Piagam Utama Pengelolaan Teknis Pertambangan untuk Komoditas Mineral dan Batubara Kelompok Perusahaan Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) itu, diumumkan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Kanal Youtube Ditjen Minerba TV. 

Dari PT Semen Padang hadir secara virtual pada penyerahan penghargaan Direktur Operasi PT Semen Padang Asri Mukhtar, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati serta staf pimpinan lainnya.

Selain PT Semen Padang, penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik itu juga diberikan kepada beberapa perusahaan BUMN dan swasta, khususnya perusahaan yang bergerak di badan usaha pertambangan maupun jasa pertambangan mineral dan batubara.

Menteri ESDM Arifin Tasrif yang hadir secara virtual di dalam acara penyerahan penghargaan yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan itu, mengucapkan selamat kepada para perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penghargaan. Karena menurutnya, penghargaan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Ridwan Djamaluuddin mengatakan, perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini sudah melalui proses penilaian. Ada beberapa aspek yang dinilai. 

Di antaranya, mencakup teknis pertambangan, keselamatan pertambangan, lingkungan hidup pertambangam, konservasi mineral dan batubara, serta standarisasi dan usaha jasa pertambangan mineral dan batubara.

Proses penilaian penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik ini pun dilakukan secara penuh tanggung jawab, secara ketat oleh para profesional. Mulai dari seleksi administarasi, verifikasi dan dilanjutkan melalui rapat-rapat pleno. Selain itu, juga digunakan beberapa bukti foto dan video untuk melengkapi aspek-aspek penilaian. 

Meski perusahaan yang meraih penghargaan ini telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik, namun Ridwan meyakini dan percaya bahwa penghargaan ini bukan lah tujuan utama para perusahaan untuk meraih penghargaan. Karena bagi perusahaan yang meraih penghargaan, kaidah pertambangan yang baik ini telah dilakukan secara terus menerus.

6. UPZ Baznas Semen Padang Sabet 2 Penghargaan dari Baznas RI
Selain itu, unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang berhasil menyabet dua penghargaan dari Baznas RI, yakni UPZ Terbaik di Bidang Pelaporan dan Terbaik di Bidang Penyaluran.

Kedua penghargaan tertinggi dari Baznas RI tersebut diserahkan  Anggota Komisioner Baznas RI  M. Nadratuzzaman Hosen dan Achmad Sudrajat saat rapat Koordinasi Nasional UPZ yang digelar di Jakarta, 1-3 November 2021. 

Raihan penghargaan dari Baznas RI menandakan bahwa penyaluran dan pelaporan UPZ Baznas Semen Padang sudah sesuai dengan ekspektasi Baznas RI.
Keberhasilan  UPZ Baznas PT Semen Padang meraih penghargaan itu karena dalam menyalurkan zakat kepada penerima manfaat selalu memperhatikan ketentuan penyaluran dari Baznas RI, seperti tepat sasaran, terarah dan terukur serta aman syar'i, aman regulasi dan aman NKRI. 

Kemudian dalam pelaporannya ke Baznas RI, UPZ Baznas Semen Padang juga tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan Baznas RI, seperti format pelaporannya, dan adanya dokumen-dokumen penerima zakat yang disertai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) penerima zakat, serta foto penerima zakat dan lain sebagainya.

Prestasi yang ditorehkan UPZ Baznas Semen Padang bukan kali ini saja. Sejak resmi beroperasi pada April 2017, UPZ Baznas Semen Padang juga telah meraih penghargaan Baznas Award dengan predikat UPZ Terbaik berturut-turut, yaitu pada tahun 2017, 2018 dan tahun 2019. 

UPZ Baznas Semen Padang berdiri 21 Desember 2016 melalui SK Ketua Baznas No. 57 tahun 2016 dan mulai beroperasi pada April 2017. Sejak mulai beroperasi hingga sekarang, sudah empat kali UPZ Baznas Semen Padang meraih penghargaan dari Baznas RI.

7.Menyabet 8 Penghargaan pada Ajang TKMPN
Tim inovasi PT Semen Padang Berhasil meraih lima predikat platinum dan tiga Gold berhasil pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXV yang diselenggarakan 15 s.d 18 November 2021.

Lima Platinum diborong tim PKM Sending, PKM Optimus Prime, GKM Store 1908, GKM Robin Hood, dan SS Air Comp. Sedangkan predikat Gold, disabet tim 5R CF Silo, SS SIGI, dan PKM Smart Office.
TKMPN adalah ajang unjuk kebolehan dan keberhasilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan BUMN, lembaga pemerintahan, koperasi, perguruan tinggi dan organisasi nirlaba dalam mengelola mutu dan produktivitas perusahaan. Baik perseorangan maupun kelompok dengan berbagai pendekatan sistem manajemen.

TKMPN XXV diselenggarakan secara virtual oleh PT Wahana Kendali Mutu diikuti sebanyak 300-an tim inovasi dari 180 perusahaan di Indonesia dengan jumlah peserta lebih dari 2000 orang. 

8. Meraih 7 Penghargaan di Ajang Inovasi SIGGIA 2021
Tim inovasi PT Semen Padang kembali meraih penghargaan pada ajang inovasi SIG Group Innovation Award (SIGGIA) 2021, tanggal 25 November 2021.

Pada SIGGIA yang digelar secara virtual melalaui aplikasi Zoom ini, tim inovasi PT Semen Padang meraih 7 penghargaan. Dua diantaranya, meraih Juara I, dan duanya lagi juara II. Sisanya, meraih Juara V dan Juara VI. 

Nama-nama tim inovasi yang diikutkan ke ajang SIGGIA 2021 dan meraih juara. Untuk Juara I, diraih oleh Tim Sending untuk kategori Proyek Kendali Mutu dengan sub-kategori Plant, dan Tim STORE 1908 untuk kategori Gugus Kendali Mutu dengan sub-kategori Plant. 

Juara II, Tim Optimus Prime untuk kategori Breakhthrough dengan sub-kategori Teknologi dan Proses Produksi, dan Tim TIP TOP untuk kategori 5R. Juara V, Tim Smart Office untuk kategori Proyek Kendali Mutu dengan sub-kategori Office, dan Tim Robin Hood untuk kategori Proyek Kendali Mutu dengan sub-kategori Plant.

Sedangkan Tim Air Comp untuk kategori Sistem saran sub-kategori plant, meraih juara VI. Sebagian besar tim yang diikutkan pada ajang SIGGIA 2021 ini, sebelumnya juga meraih penghargaan Platinum dan Gold pada ajang TKMPN XXV yang digelar 15-18 November 2021,.

9.  Sertifikat Industri Hijau dan Penghargaan Industri Hijau
PT. Semen Padang berhasil meraih Sertifikat Industri Hijau dan penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian(Kemenperin). Dua apresiasi tersebut diserahkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Untuk meraih Sertifikat Industri Hijau, PT Semen Padang harus melalui sejumlah proses, dimulai dari permohonan sertifikasi, tinjauan dokumen dan persyaratan (audit tahap 1), penilaian lapangan (audit tahap 2), keputusan sertifikat, penerbitan sertifikat, audit pengawasan dan pembaruan sertifikat.

Sertifikat Industri Hijau yang masa berlakunya selama 3 tahun itu, pertama kali diraih PT Semen Padang pada tahun ini yakni untuk Pabrik Indarung VI. 

Selain meraih Sertifikat Industri Hijau, PT Semen Padang juga menyabet penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin untuk kategori Industri Besar. 

Penghargaan Industri Hijau yang dilaksanakan setiap tahun, pernah diraih PT Semen Padang 2 tahun berturut-turut yakni pada tahun 2017 dan 2018.

10. Peringkat ke-1 Keterbukaan Informasi Publik untuk kategori BUMN/BUMD di Sumbar
 PT Semen Padang berhasil meraih juara 1 penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2021 untuk kategori BUMN/BUMD yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat. Bila tahun lalu PT Semen Padang meraih predikat Cukup Informatif, pada tahun ini naik kelas menjadi Menuju Informatif atau selangkah lagi menjadi Badan Publik Informatif.
Acara Anugerah KIP tahun 2021 dilaksanakan KI Sumbar di Bukittinggi, Senin (6/12/2021). Hadir pada kesempatan itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Kadis Kominfo Provinsi Sumbar Jasman Rizal, Ketua Komisi Informasi Sumbar Nofal Wiska, dan jajaran komisioner KI Provinsi Sumbar. Dari PT Semen Padang, hadir mewakili manajemen untuk menerima Anugerah KIP, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan, Nur Anita Rahmawati. 

Keikutsertaan PT Semen Padang pada pemeringkatan Badan Publik merupakan yang keenam kali sejak 2016. Pada 2016, dan 2017 PT Semen Padang berhasil meraih juara 1. Pada 2018 meraih juara 2. Pada 2019, 2020 dan 2021 kembali membuktikan diri sebagai BUMN/BUMD terbaik di Sumbar dalam KIP.


Wartawan : Rivo/rilis
Editor : boing

Tag :#SemenPadang#Anugrah#Prestasi#SumateraBarat#minangsatu