HOME OLAHRAGA KOTA PADANG

  • Selasa, 31 Mei 2022
SKO Sumbar Cabang Sepakbola Laksanakan Seleksi Peserta Didik
Coach Alex Alda Yudhi sedang memberi arahan calon peserta didik SKO Sumbar cabang sepakbola, Senin (31/05/2022)

Padang (Minangsatu) - Dipimpin langsung oleh Direktur Teknik Cabang Sepakbola Alex Aldha Yudi bersama Head Coach King Prima, Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) SMAN 4 Sumatera Barat menggelar seleksi calon siswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Bertempat di Lapangan Pendidikan Olahraga Kota Padang, kampus SMAN 4 Padang Jalan By Pass Km 13 Sungai Sapih, sebanyak 122 calon siswa sudah terdaftar di sekolah untuk mengikuti seleksi.

Seleksi cabang Sepak Bola ini dilaksanakan dari tanggal 29 Mei dan akan berakhir pada hari Selasa 31 Mei 2022. 

Kepada Minangsatu, Alex Aldha Yudhi mengatakan Proses seleksi SKO Sumbar pada tahun ini sudah dilaksanakan secara langsung, berbeda dari dua tahun sebelumnya dimana siswa hanya perlu mengirimkan video mereka bermain bola untuk dinilai secara satu persatu karena situasi pandemi.

Untuk seleksi hari pertama dilaksanakan dalam bentuk game dimana setiap anak mendapat jatah bermain selama 90 menit dan dibagi menjadi 2 sesi yaitu 45 menit sesi pagi dan 45 menit lagi dilaksanakan pada sesi sore hari. 

“Jadi setiap anak mendapat kesempatan bermain yang sama untuk menunjukkan permainan dan kemampuan yang ia miliki,” katanya.

Selanjutnya pada hari ke-dua, sebanyak 60 siswa dibagi menjadi dua sesi. 30 anak untuk sesi pagi dan 30 lagi di sesi sore. 
Di hari ke-dua ini tim pelatih memberikan latihan exercise seperti joging satu keliling lapangan, drill passing squere, Rondo, transition game, game control dan game full lapangan besar. Jadi ada 5 sesi latihan yang mana latihan tersebut merupakan latihan rasa pemain SKO Sumbar.

Sementara itu untuk hari ketiga, tim pelatih akan melihat lagi dengan memberikan game lalu para calon siswa akan di kumpulkan sesuai dengan kemampuannya.
“Mereka mendapatkan rasa latihan seperti pemain di SKO Sumbar,” jelasnya.

Di sela-sela proses seleksi, Alex berharap pemerintah bisa memberikan perhatian lebih kepada SKO Sumbar karena selama ini staf pelatih hanya melaksanakan swakelola dengan orang tua siswa dimana SKO memiliki akademi di SMAN 4 Sumbar yang dikelola oleh orang tua. Alex bertekad akan membangun SKO Sumbar menjadi akademi yang lebih baik lagi dengan komitmen dari pelatih, orang tua dan pemain.

“Harapannya kepada kepala daerah Sumbar lebih memperhatikan lagi bakat-bakat sepak bola sumbar, dan dapat memberikan perhatian lebih kepada SMAN 4 Sumbar, terkait dengan masalah kebijakan untuk kemajuan SMAN 4 Sumbar kedepan,” harapnya.

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Sumbar, Drs, Erizal. M.Si berharap siswa yang diterima nantinya baik itu melalui jalur PPLP maupun mandiri dan akan ada jalur zonasi satu kelas betul-betul serius menjalani latihan di SKO Sumbar. 

“Peminat dari SKO Sumbar ini cukup banyak, diharapkan siswa yang diterima serius untuk selalu latihan, jangan sampai di pertengahan jalan berhenti karena kasihan nanti ada siswa yang tidak lulus padahal mereka punya tekad yang besar,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Erizal sangat bersyukur dan mengapresiasi atas support dan kinerja yang luar biasa dari Coach Alex, Coach King Prima dan rekan-rekan yang sangat bersemangat dan dapat bekerja sama dengan baik.*


Wartawan : Habil
Editor : Benk123

Tag :#skosumbar #skosman4padang #alexaldhayudhi #shintaeyong #minangsatu #lensabolaminangsatu