HOME SOSIAL BUDAYA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Kamis, 20 April 2023

Sambut Idul Fitri 1444 H, PLN Sumbar Siaga Pasokan Listrik Dan Sediakan 5 Posko Mudik

Sumber Foto; PT PLN (Persero)
Sumber Foto; PT PLN (Persero)

Padang, ( Minangsatu ) - PT PLN (Persero) siap amankan keandalan pasokan listrik dan siagakan petugas 24 jam untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1444 Hijriyah. Bertepatan pada momen mudik tahun 2023 ini, PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat memastikan seluruh pasokan listrik aman untuk wilayah Sumbar dan sekitarnya sehingga masyarakat dapat menikmati lebaran dengan nyaman di kampung halaman.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menuturkan pasokan daya kelistrikan Sumbar adalah 778,42 MW, dengan beban puncak atau pemakaian maksimal rata-rata tertinggi 586,40 MW. Artinya masih ada cadangan pasokan daya sebesar 24,83%. ‘’Dengan cadangan daya sebesar ini, kami optimis dapat memberikan listrik berkualitas terbaik kepada 1,6 Juta pelanggan PLN di Sumbar. Kami juga siap dengan tambahan pemakaian listrik dalam jumlah besar selama Ramadan hingga Idul Fitri,’’ sambungnya.

Selain siap dengan pasokan daya, total 1376 personil PLN UID Sumbar juga siap bersiaga 24 jam dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional demi menjaga keandalan pasokan listrik selama Siaga Ramadan PLN, yang sudah dimulai tanggal 10 April hingga 02 Mei 2023.

Eric merinci lagi peralatan pendukung yang _standby_ diantaranya 5 Unit Cubicle Kabel Bergerak (UCKB), 55 Unit Gardu Bergerak (UGB), 43 Genset, 219 unit kendaraan pendukung, 3 unit SPKLU. ‘’PLN juga membentuk Posko Siaga Ramadhan dan Idul Fitri tersebar di berbagai titik strategis,’’ jelas Eric kemudian.

Selain memaksimalkan pasokan listrik untuk masyarakat di rumah, bertepatan dengan momen mudik tahun ini PLN UID Sumbar juga menyediakan tiga SPKLU dan lima posko mudik.

SPKLU sebagai sarana fasilitas bagi para pemilik EV sehingga tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke wilayah Sumbar karena di Sumbar sudah ada SPKLU yang berada di Kota Padang, Solok serta Payakumbuh.

Buka Puasa Bersama Gubernur Sumbar
minangsatu > Sosial Budaya

PLN juga telah menyiapkan posko mudik di 5 titik yang tersebar di seluruh daerah Provinsi Sumbar khususnya jalur lintas pemudik yang menggunakan transportasi darat.

Berikut daftar lima titik posko siaga mudik lebaran yang ada di Provinsi Sumbar:

1. ULP Lima Puluh Kota KP Rimbo Data
Kec. Koto Baru Pangkalan, Kab. Lima Puluh Kota

2. ULP Padang Panjang
Jl. Lintas Barat Sumatera No. 59, Silaing Bawah

3. ULP Sicincin
2x11 Enam Lingkung Sicincin

4. ULP Balai Salasa
Jl. Lesung Air samping BPR Gema Pesisir

5. ULP Sitiung
Gn. Medan, Kec. Sitiung Kab. Dharmasraya

Selain dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya, pemudik juga dapat menikmati berbagai fasilitas, diantaranya tempat beristirahat, snack dan minuman, toilet serta charging/pengisian daya handphone yang sudah disediakan.

"Posko mudik merupakan bentuk kehadiran dan peran aktif PLN mengawal keamanan dan kenyamanan arus mudik masyarakat pada perayaan Idul Fitri tahun ini. Dengan adanya tempat istirahat, diharapkan para pemudik menjadi lebih nyaman sehingga kondisinya tetap bugar hingga selamat sampai tujuan," tutup Eric.


Wartawan : Rilis/*
Editor : boing

Tag :#pln #bumn #PoskoLebaran #Minangsatu

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News