HOME PARIWISATA KABUPATEN PASAMAN

  • Kamis, 6 Agustus 2020
Pesona Eksotis Air Terjun Murai Tinggi Lubuk Sikaping Mendadak Viral
Air terjun Murai Tinggi Lubuk Sikaping

Lubuk Sikaping (Minangsatu)- Menikmati keindahan alam nan sejuk dan asri, entah itu ke pegunungan maupun ke air terjun yang jarang disinggahi merupakan sensasi luar biasa dan menakjubkan. Kabupaten Pasaman yang berada di ujung utara Provinsi Sumatera Barat, memiliki alam geografis perbukitan dan alam pegunungan nan eksotis menawan.

Dengan kondisi alam seperti itu, tentu banyak terdapat spot atau wahana air terjun nan indah memesona penuh dengan keasrian hingga membuat para jiwa yang menghampirinya terasa tenteram bak berada di sorga duniawi.

Tentu sudah banyak yang tahu, para pecinta alam dan para peselancar internet hafal betul bagaimana tawaran menggiurkan dari air terjun yang ada di Pasaman. Ranah Pasaman Saiyo memiliki banyak spot wisata alam air terjun yang layak didatangi, setidaknya untuk sekali seumur hidup.

Diantaranya, air terjun Caracai Sungai Pandahan Lubuk Sikaping, Air Terjun Ganggo Mudiak Bonjol, Air Terjun Malampah, Air Terjun Gantiang, Air terjun Aia Manyuruak di Jorong Pungian, Nagari Muaro Sungai Lolo dan yang sedang viral dan menjadi buah bibir yakni Air Terjun Murai Tinggi Lubuk Sikaping.

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Murai Tinggi ini, rute awal yang ditempuh dimulai dari jalan setapak yang berada di jalan bypass jorong Tanjuang Alai Lubuk Sikaping menuju lokasi pemandian Bayang Aia, dari Bayang Aia kita berjalan kaki sekitar 1 jam 15 menit menyusuri jalan rimba ladang dan tepian sungai.

Rasa takjub dan penasaran dengan indahnya air terjun Murai Tinggi Lubuk Sikaping ini, rombongan KPWP (Komunitas Pecinta Wisata Pasaman) yang dikomandai Fredi, bersama komunitas pecinta alam Tapak Rimbo serta pemuda lokal berangkat untuk memastikan keberadaan air terjun yang membuat jiwa damai menenangkan itu.

"Alhamdulillah, kami telah sampai disini. Luar biasa, air terjun Murai Tinggi sangat mempesona dan eksotis, sangat asri dan sejuk. Untuk tiba disini, kita dihadapkan enam sampai tujuh air terjun kecil yang miliki air yang sangat jernih," ungkap Fredi kepada Minangsatu (6/8).

Fredi juga menjelaskan, bahwa untuk menuju lokasi air terjun Murai Tinggi tersebut, kita harus memiliki peralatan pengaman yang memadai karena kondisi jalan yang masih sulit.

"Untuk sampai ke lokasi, kita juga menempuh jalur terjal dengan kemiringan nyaris 70°-80°, sehingga pengunjung harus sangat hati-hati karena dibeberapa titik harus menggunakan alat bantu tali. Air terjun Murai Tinggi adalah anugerah yang maha kuasa, perlu untuk dijaga kelestariannya. Sekira kita berniat merasakan indahnya air terjun ini, kami memohon untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan. Jika kita tidak bisa mengurangi sampah yang ada, setidaknya kita jangan menambah jumlah sampah di lokasi ini, sampah harap dibawa turun," ujar Fredi Kurniawan yang kesehariannya bekerja sebagai ASN di Dinas Lingkungan Hidup Pasaman.

Ketua KPWP Pasaman, Fredi juga mengharapkan, agar kedepannya Air Terjun Murai Tinggi dijadikan destinasi wisata alam dengan pengembangan ekowisata agar bermanfaat bagi penduduk setempat. 

"Dengan Ekowisata, tentu bisa mengangkat perekonomian masyatakat setempat. Kita juga berharap kolaborasi Pemerintah Nagari dan Pemeritah Daerah Kabupaten Pasaman untuk percepatan Infrastruktur Pembangunan jalan kesana," harap Fredi.

Tim yang berangkat ke Air Terjun Murai Tinggi yakni KPWP Pasaman yang diketuai Fredi bersama Pemuda Nagari Pauah dan Pecinta Alam Tapak Rimbo serta Tim Luxica Adventure yaitu Alfa, Malik, Fikri, Raffi, Ikhsan, Abyu, Inyiak Sago, Jhonny Walker, Alwi, Farhan A, Farhan B, Yona, Tiara, Adik, Tari.

Sementara Kepala Jorong Tanjuang Alai, M Hanif menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mendukung untuk pengembangan wisata alam Air Terjun Murai Tinggi menjadi objek wisata potensial yang dapat menambah pasokan perekonomian masyarakat.

"Insya Allah, dengan sekuat tenaga kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mewujudkan pengembangan Air Terjun Murai Tinggi agar menjadi objek wisata alam yang baik dan asri. Untuk mewujudkan hal itu, tentu kami butuh dukungan banyak pihak, yang menjadi prioritas utama saat ini adalah pembangunan insfrastruktur jalan menuju ke lokasi," ujar M Hanif yang akrab disapa si Ef.

Kabupaten Pasaman kaya akan potensi alamnya, baik itu potensi tambang hasil bumi maupun potensi wisata alam yang bisa digali dan dimanfaatkan demi Pasaman yang lebih baik dan maju bersama rakyatnya.

 


Wartawan : M. Afrizal
Editor : melatisan

Tag :#Air terjun #Pariwisata #Pasaman #Sumbar