HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN PASAMAN

  • Kamis, 22 September 2022
Perayaan Titik Kulminasi Di Bonjol, Pasaman Equator Festival Digelar
Foto: Garis Equator di Bonjol, Pasaman

Bonjol (Minangsatu) - Dalam rangka sambut perayaan titik kulminasi, ajang Pasaman Festival Equator yang di gelar Pemerintah Kabupaten Pasaman di Kecamatan Bonjol, bertajuk “Negeri Tanpa bayangan", digelar mulai dari tanggal 20 sampai dengan 24 September 2022. Agenda ini juga diisi dengan berbagai perlombaan antar pelajar.

Kadis Pariwisata, Pemuda, Olah Raga dan Budaya, Kabupaten Pasaman, Ade Harlien mengatakan, bahwa perayaan Festival Equator kali ini agak berbeda dengan kegiatan sebelumya, Dimana untuk tahun ini ada beberapa kegiatan yang melibatkan seluruh sekolah. Mulai dari TK, SD dan SLTP yang dibagi untuk beberapa kategori, diantaranya lomba melukis untuk anak Taman Kanak Kanak dan sekolah Dasar se-Pasaman, lomba permainan tradisional Congklak, Lomba dan permainan Enggrang.

"Sementara, untuk tingkat SLTP juga dilaksanakan lomba cerdas cermat dan lomba bercerita dengan tema budaya dan sejarah Tuangku Imam Bonjol. Selain itu, di objek wisata budaya Bukit Tak Jadi yang merupakan tempat benteng pertahanan Tuanku Imam Bonjol, juga dilaksanakan Kemah literasi, Dimana peserta untuk kemah ini melibatkan perwakilan Siswa Siswi SLTP se Pasaman, Kwarcab Pramuka Pasaman," ungkap Harlien, (22/09).

Untuk acara puncak nanti, tambah Harlien, yaitu perayaan Titik Kulminasi, atau negeri tanpa bayangan yang akan digelar pada Jumat, 23 September 2022.

"Pada acara puncak titik Kulminasi, rencananya akan dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” Sandiaga Uno. Kita berharap, seluruh kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, dan tentunya butuh dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan pihak terkait," pungkasnya. (*)


Wartawan : M. Afrizal
Editor : Benk123

Tag :#pasaman