HOME WEBTORIAL KOTA PADANG

  • Sabtu, 7 Agustus 2021
PARIPURNA ISTIMEWA HUT KOTA PADANG KE-352, Moment Evaluasi Kinerja Untuk Lebih Baik
PARIPURNA - Suasana rapat paripurna istimewa peringatan HUT Kota Padang ke 352.

Padang (Minangsatu) - Tepat 7 Agustus 2021 ini, Kota Padang telah genap memasuki usia yang ke-352 tahun. Usia ini tentunya cukup matang bagi sebuah daerah. Sama seperti satu tahun sebelumnya, untuk peringatan sekaligus perayaan hari jadi bagi Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu masih digelar di tengah pandemi Covid-19.

DPRD Kota Padang menggelar Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Kota Padang ke- 352 tahun, Sabtu (7/8) di ruang sidang utama DPRD Padang. Tahun ini tema HUT mengangkat tema 'Padang Tangguh, Unggul & Berdaya Saing Membangun Kota'.

Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Padang Syafrial Kani itu, dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi, Walikota Padang Hendri Septa beserta unsur Forkopimda dan seluruh Anggota DPRD Padang.

Selain itu juga diikuti kepala OPD di lingkup Pemko Padang, Ketua TP-PKK Kota Padang serta Camat dan lurah se-Kota Padang dan tokoh masyarakat serta sejumlah tokoh Kota Padang dan unsur terkait lainnya baik secara langsung maupun virtual. 

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani berharap peringatan hari jadi Kota Padang ini, hendaknya tidak hanya sekedar rutinitas semata, tapi dapat menjadi evaluasi kinerja dari tahun ke tahun. Apa yang sudah dilakukan sebelumnya hendaknya menjadi motivasi untuk membangun kota ini.

Syafrial Kani menyampaikan, saat ini, sudah dua tahun Pandemi Covid-19 melanda dunia, negara Indonesia dan Kota Padang yang kita cintai. Semua diuji yang cukup berat, baik masyarakat maupun pemerintah. Semua sektor berdampak. Baik ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya. Sektor pendidikan, dimana pembelajaran tatap muka ditiadakan, banyak orang tua yang mengeluh karena kesulitan mendidik anaknya dari rumah.

Dilain sisi, Kota Padang masih banyak ditemukan kekurangan infrastruktur pendidikan yang tidak mampu menampung jumlah siswa pada saat penerimaan siswa baru. DPRD Kota Padang berinisiatif untuk membangun sekolah. Hendaknya Walikota Padang dan Gubernur Sumbar bisa segera merealisasikan pembangunan sekolah tersebut.

Sektor kesehatan, kondisi saat ini juga jadi ujian berat, terutama bagi tenaga kesehatan. "Apresiasi untuk mereka yang terus berjuang membantu masyarakat yang terinfeksi Covid-19," ungkapnya.
Selain itu, juga ditemukan masih banyak keterbatasan sarana dan prasarana dan tenaga kesehatan, namun kita tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik.

"Kami selalu mengingatkan agar melayani masyarakat setiap saat. Apresiasi juga kepada aparat keamanan yang terus mendukung pemerintah dalam menangani Covid-19," ucap Syafrial Kani.

"Kami berharap aparat tetap mengedepankan sikap humanis dan mengupayakan agar tidak miskomunikasi dengan masyarakat pada saat menjalankan tugas.Diharapkan, Covid -19, bisa segera berakhir, agar kegiatan pemerintah dan masyarakat bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengucapkan selamat Hari Jadi bagi Kota Padang yang ke-352 tahun.

"Dalam keadaan apapun, Kota Padang harus terus bergerak dan bangkit. Terutama dalam mengendalikan pandemi Covid-19 yang mewabah hampir dua tahun ini. Banyak yang harus kita lakukan ke depan, semoga dengan semangat kebersamaan Kota Padang bisa makin sukses dan keluar dari pandemi ini dalam waktu dekat. Ketika kota atau kabupaten sukses maka provinsi juga akan ikut sukses," ujar gubernur.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan atas nama pemerintah kota dan masyarakat Kota Padang, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Kota Padang yang telah ikut bersama-sama mendukung kemajuan pembangunan di Kota Padang sejauh ini.

"Alhamdulillah, hari ini tepat sudah 352 tahun usia Kota Padang. Semua kemajuan dan berbagai prestasi pembangunan telah berhasil diraih Kota Padang sampai saat ini. Ini semua adalah berkat kebersamaan dan sinergi yang luar biasa dari semua pihak terutama warga Kota Padang," ucap Hendri sembari meminta hadirin menyaksikan video capaian kemajuan Kota Padang saat ini berdurasi 3 menit.

Wako menyebutkan, adapun yang menjadi perhatian serius bagi Kota Padang saat ini adalah menyikapi pandemi Covid-19 yang masih melanda. Berbagai upaya terus dilakukan termasuk merefocusing anggaran pemko untuk dialihkan ke penanganan virus membahayakan tersebut.

"Kita bersyukur Covid-19 yang menjadi momok bagi warga Kota Padang terus kita tekan. Baik melalui penanganan-penanganan yang dilakukan dan upaya mengatasi dampaknya secara sosial ekonomi. Alhamdulillah, tingkat kesembuhan warga yang terkena positif Covid-19 di kota ini pun termasuk yang cukup tinggi di Indonesia," imbuhnya.
Itu semua lanjut Wako Hendri dikarenakan begitu tingginya kepedulian seluruh pihak baik unsur Forkopimda, DPRD, BUMN/BUMD dan pihak swasta serta seluruh elemen masyarakat dan lainnya.

"Maka itu, melalui momentum HUT Kota Padang ke-352 tahun 2021 ini, mari sama-sama kita maknai dengan mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Meski di tengah pandemi, kita harus terus berupaya mewujudkan visi Kota Padang yakni Mewujudkan Masyarakat Kota Padang Yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul Serta Berdaya Saing," pungkas orang nomor satu di Kota Padang tersebut sembari berharap pandemi segera berakhir.


Wartawan : usi
Editor : boing

Tag :#DPRD#KotaPadang#HutKotaPadang