HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PADANG PANJANG

  • Senin, 10 Juli 2023

Mendagri, Pemerintah Daerah Diminta Perhatikan Kenaikan Harga Komoditi

Pemko Padang Padang Panjang saat ikuti Zoom Meting dengan Mendagri, Senin (10/7/2023) di Balai Kota setempat.
Pemko Padang Padang Panjang saat ikuti Zoom Meting dengan Mendagri, Senin (10/7/2023) di Balai Kota setempat.

Pd.Panjang (Minangsatu) - Sejumlah komoditi penting dibahas dan men jadi perhatian Pemerintah Daerah, dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, Senin (10/7/2023). Komoditi tersebut, antaranya, cabai merah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, telur ayam ras dan jagung.

Dari unsur Pemko Padang Panjang, kegiatan  melalui Zoom Meeting diikuti dan dipimpin Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Yas Edizarwin, S.H, Forkopimda, serta OPD terkait dan Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako. 

"Ke depan komoditi ini perlu diperhatikan lagi. Kenapa ini bisa naik. Lakukanlah langkah-langkah konkret yang bisa menurunkan harga komoditi itu," tegas Tito.

Dijelaskan Tito, kenaikan komoditi  akan berimbas kepada Indeks Perkembangan Harga (IPH) Nasional. Saat ini sejumlah kabupaten/Kota, itu nengalami kenaikan IPH tertinggi nasional. 

"Salah satu daerah Sumatera  alami kenaikan IPH tertinggi  yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Di Kabupaten ini masuk 10 besar dengan kenaikan IPH tertinggi Nasional," tetangnya. 

Selesai rakor, Yas Edizarwin  menyampaikan, saat ini berdasarkan data BPS Padang Panjang, IPH Kota Padang Panjang untuk minggu pertama Juli adalah 0,441, tau berfluktuasi rendah. 

"Komoditi utama yang berkontribusi untuk fluktuasi ini, yakni, cabai merah, bawang merah dan bawang putih," tandas Edizarwin (*)


Wartawan : Asril Dt Pangulu Batuah
Editor : Benk123

Tag :#padangpanjang

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Bergabung ke Komunitas Whatsapp Dunsanak MinangSatu