HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

  • Selasa, 22 Agustus 2017

Karnaval Dharmasraya Berlangsung Meriah

pawai meriah
pawai meriah

DHARMASRAYA (Minangsatu) – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan tersenyum sumbringah melihat ribuan masyarakat antusias mengikuti acara Karnaval diselenggarakan Kecamatan Pulau Punjung Senin (21/8).

Kegiatan pawai alegoris dan pawai budaya dalam rangka memeriahkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun tingkat kecamatan Pulau Punjung itu tampak meriah. Pasalnya ratusan kontingen peserta pawai mulai dari murid TK, SD, SMP, Tsnasawiyah, SMA, Madrasyah Aliyah. SMK, kelompok organisasi masyarakat. Selain itu, juga peserta dari Kenagarian, Puskesmas Sungai Dareh dibawah Pimpinan Drg Lenita Arifin juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Mulai dari lokasi star bertempat di Pasar Lama Pulau Punjung dilepas oleh Camat Pulau Punjung Lasmita. SKM, didampingi Danramil Pulau Punjung Mayor Inf TNI Irwan, dan Kapolsek Pulau Punjung Iptu Helmi, peserta karnaval langsung menuju garis finis berada di halaman kantor bupati Dharmasraya.

Arak-arakan peserta pawai sembari menampilkan kreasi seni budaya selama dalam perjalanan menuju garis finis melewati jalan lintas lama Pulau Punjung ketika itu, mampu menarik perhatian masyarakat sekitarnya.

Bagaikan ditarik magnet besar, warga berhamburan keluar rumah untuk melihat atraksi, kresai dan berbagai pesona penampilan peserta pawai.

"Setidaknya Karnaval diselenggarakan disetiap Kecamatan mampu sebagai pengganti pelaksanaan pawai tingkat Kabupaten Dharmasraya, dengan terpaksa dibatalkan untuk tahun ini, mengingat sedang berlangsungnya pembangunan peningkatan kualitas jalan lintas sumatera dari Hotmix ke Rigit Beton, berada dibeberapa titik vital, terutama di pusat pemerintahan, tepatnya di Pulau Punjung, Sungai Dareh, Sikabau, Koto Baru, dan Sungai Betung," terang Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Plt Sekda Leli Arni. S. Pd. M. Si, Kabag Tapem Asril. AP, Camat Pulau Punjung Lasmita. SKM, dan beberapa pejabat teras Pemkab Dharmasraya lainnya di Panggung kehormatan depan kantor bupati setempat.

Ia juga menjelaskan, dengan bertebarnya pawai alegoris diselenggarakan disetiap kecamatan, akan lebih tampak meriah. Karena seluruh lapisan masyarakat dapat bersentuhan langsung dalam rangka memeriahkan bulan kemerdekaan. Terutama bagi warga memiliki jarak tempuh cukup jauh dari pusat pemerintahan.

Sementara itu, Camat Pulau Punjung Lasmita. SKM, merasa puas atas antusiasnya masyarakat mengikuti kegiatan pawai alegoris dan budaya dilaksanakan kecamatan. Hal ini dapat dilihat dari ratusan kontingen mendaftar sebagai peserta.

Tidak kalah penting lagi, selain pelajar, Kenagarian, ormas, dan kelompok masyarakat, juga tampak peserta dari tenaga kesehatan Health Centre (HC) Puskesmas Sungai Dareh.

"Sebagai generasi penerus kemerdekaan, kita semua memiliki tanggung jawab penuh untuk bekerja keras dan berkarya demi mengisi kemerdekaan, dengan saling bahu-membahu menata pembangunan bangsa," ulas  Lasmita.

Pada kesempatan itu, Lasmita juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Stakeholder yang ikut andil dalam mensukseskan pelaksanaan karnaval. Karena tanpa adanya dukungan dan kerjasama yang baik,  niscaya keberhasilan akan tercapai.   

[ Syaiful Anif ]

 


Wartawan : Syaiful Hanif
Editor :

Tag :#pawai Dharmasraya

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News