HOME OLAHRAGA KOTA PADANG

  • Jumat, 3 Juni 2022
Jelang Pomprov, Tim Panjat Tebing UNP Targetkan Lolos Nasional

Padang (Minangsatu) - Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) atau SELEKPROV akan segera digelar pada 6 hingga 12 Juni 2022 mendatang dengan Universitas Negeri Padang (UNP) dan dua perguruan tinggi lainnya bertindak sebagai tuan rumah. 

Iven ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yang diikuti oleh 21 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Sumatera Barat. Seluruh perguruan tinggi terus mempersiapkan para atletnya dalam menghadapi pesta olahraga mahasiswa tersebut. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh atlet panjat tebing Universitas Negeri Padang yang tengah berlatih di  Papan Panjat Tebing UNP, Kamis (2/6/2022). 

Staf Pelatih Panjat Tebing UNP Bayu Putra menyebutkan, ia beserta anak didiknya sudah mempersiapkan diri mengikuti ajang POMPROV tersebut jauh-jauh hari. 

Namun, kata Bayu, untuk kelegalitasannya baru ia dapat sekitar dua minggu ini. “Baru dalam minggu ini kita menjalankan latihan yang intensif,” sampainya.

Untuk Tim Panjat Tebing UNP sendiri nantinya akan menurunkan sebanyak enam atlet dimana setiap kategori akan diisi oleh satu putra dan satu Putri.

“Untuk kuotanya kita akan menurunkan enam atlet yang terdiri dari tiga putra dan tiga putri, untuk kategori lombanya nanti ada tiga dan setiap kategori itu diisi oleh satu atlet,” jelasnya.

Lebih lanjut, pelatih yang juga mantan atlet panjat tebing ini menargetkan semua timnya lolos pada Selekprov tersebut dan dapat mewakili Sumbar pada POMNAS nanti.

Sementara itu, Sautul Hamid yang merupakan atlet panjat tebing UNP mengatakan ia dan rekannya sedang mempersiapkan diri dengan menjalani latihan setiap hari.

“Untuk saat ini selama ini untuk latihan, saya dan kawan-kawan sedang memaksimalkan latihan dengan waktu yang mepet,” ungkapnya.

Hamid berjanji akan memberikan kontribusi terbaiknya dan akan berusaha semaksimal mungkin agar tim UNP dapat mewakili Sumatera Barat pada perhelatan POMNAS 2022.

“Insyaallah kami akan berusaha semaksimal mungkin agar nanti perwakilan UNP bisa lolos seleksi POMPROV ini,” tandasnya.

Hamid juga berharap UNP secara berkala melihat melihat perkembangan atletnya  dan mengkaji kedalaman perkembangan atlet, baik dari segi latihan maupun dari segi fisik
“Jadi itu harus diperhatikan oleh pihak UNP,” tegasnya. 

Wakil Rektor III UNP, Dr. Hendra Syarifuddin, Ph.D mengatakan UNP kini sudah secara Intensif mempersiapkan atletnya untuk berlaga pada 6 Juni nanti.Hendra berharap, atletnya bisa mendominasi setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Untuk atlet UNP sendiri kami inginkan mereka memenangkan setiap pertandingan yang di gelar dan kemenangan itu harus dengan cara terhormat tidak ada di belakang nanti tim UNP menang karena keberpihakan wasit atau ini itu yang tidak fair. Jadi kemenangan itu harus didapat melalui fairplay,” pintanya.

Senada dengan itu, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP Dr. Alnedral, M.Pd juga menghendaki hasil yang terbaik untuk kesuksesan pagelaran olahraga mahasiswa tersebut. Ia punya filosofi kesuksesan tersendiri dalam menyukseskan acara tersebut yaitu “trisukses”. 

Kata Alnedral, sukses yang pertama adalah sukses kepanitiaan, kedua, sukses sosial masyarakat dan yang ketiga adalah sukses prestasi.

“Salam olahraga dan sukses dalam bertanding. Mudah-mudahan menjadi sang juara,” ucapnya.*


Wartawan : Habil
Editor : boing

Tag :#pomprovsumbar2022, #unp, #pomnas2022, #panjattebingunp, #hendrasyarifuddin