HOME AGAMA NASIONAL

  • Jumat, 11 Agustus 2023

Ini Makna Kemerdekaan Dari Isi Kandungan Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah. (dok. istimewa)
Surat Al-Fatihah. (dok. istimewa)

Islam, Minangsatu Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan memberikan tausiyah di Musholah Gedung MUI Pusat, Kamis (10/8/2023) kemarin.

Dalam tausiyahnya, Buya Amirsyah menyampaikan tentang pentingnya memahami isi dan makna yang terkandung dalam surat Al-Fatihah.

Surat Al-Fatihah sendiri merupakan surat pembuka di dalam Al-Qur’an, yang mana surat ini setiap hari dibaca oleh seluruh umat Muslim, minimal sebanyak tujuh belas kali dalam menjalankan ibadah sholat.

“Kemerdekaan yang disampaikan Allah dalam surat Al-Fatihah itu adalah kemerdekaan yang setiap saat, setiap hari kita baca dalam sholat minimal tujuhbelas kali,” ujarnya.

“Maka, jangan sampai Al-fatihah itu hanya sekedar lewat saja, jika hal itu terjadi, maka kasihan terhadap diri kita sendiri. Kasihan kalau Al-Fatihah itu dibaca berkali-kali tapi tidak ada yang nyangkut pada diri kita,” kata Buya Amirsyah menambahkan.

Beliau juga menekankan bahwa kekacauan yang terjadi pada saat ini dikarenakan hakikat kemerdekaan yang sudah mulai hilang. Hal tersebut juga merupakan dampak dari manusia yang tidak bisa menahan hawa nafsu.

Karena, sesungguhnya musuh yag paling nyata adalah hawa nafsu yang ada di dalam diri kita yang tidak bisa kita tahan dan tidak bisa kita kendalikan.

“Maka, jika ada pertanyaan, siapa sebenarnya musuh yang tidak kelihatan? Jawabannya adalah hawa nafsu kita, diri kita sendiri. Itulah musuh yang nyata. Jika ada kasus korupsi, musuh yang nyata itu adalah nafsunya,” kata dia.

“Oleh karena itu, mari setiap saat kita jadikan Al-Fatihah ini sebagai salah satu prinsip kemerdekaan kita supaya terlepas dari perbudakan hawa nafsu. Karena perbudakan hawa nafsu lah yang membuat manusia tidak merdeka,” tutupnya. (*/mui)


Wartawan : -
Editor : Siska Afriani

Tag :MUI, Surat Al-Fatihah, Islam,

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Bergabung ke Komunitas Whatsapp Dunsanak MinangSatu