HOME PARIWISATA KABUPATEN PASAMAN

  • Minggu, 18 Juli 2021
Indahnya Pesona Puncak Koto Panjang, Wisata Alam Idola Warga Pasaman
Pengunjung saat bersantai di Objek Wisata Puncak Koto Panjang

Rao Selatan (Minangsatu) - Wahana wisata baru terus bermunculan di sepanjang daerah di Sumatera Barat. Salah satunya adalah Wisata Alam Puncak Koto Panjang, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman.

Destinasi wisata alam yang berada pada ketinggian lebih kurang 800 meter diatas permukaan laut itu, memiliki syarat komplet untuk memanjakan mata dan raga, karena saban hari dipenatkan dengan rutinitas serta tekanan pikiran akan pandemik Covid-19 yang belum juga sirna dan berakhir. 

Saat ini, objek wisata Puncak Koto Panjang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah, untuk santai bertamasya bersama keluarga tercinta.

Tempat ini dinamai Puncak Koto Panjang, karena lokasinya berada di ketinggian daerah Jorong Koto panjang Nagari Langsek Kodok, Kecamatan Rao Selatan, Pasaman.

Untuk kenyamanan pengunjung, lokasi wisata tersebut sudah menyediakan sarana fasilitas umum, seperti kamar mandi dan tempat ibadah, walau dalam kondisi masih sederhana. Serta juga dilengkapi warung aneka kuliner, dan untuk memasuki lokasi ini pengunjung hanya dikenakan uang sebesar Rp3000 per orang.

Untuk sampai ke lokasi, anda bisa masuk melalui jalur menuju Kantor Camat Rao Selatan (jalan lintas Padang-Medan), berjarak kisaran 3 Km atau 20 menit dari jalan lintas Sumatera dan jalan yang dilewati juga cukup bagus, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hadi Pardede, salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumut bersama rombongan mengatakan, bahwa mereka sangat menikmati pemandangan yang cukup menakjubkan di tempat sejuk nan asri tersebut.

"Jika melihat pemandangan alam di Puncak Koto Panjang ini, terasa adem dan sangat indah. Suasananya pun bersih dan nyaman. apalagi untuk berfoto sangat indah sekali,” ungkap Hadi kepada Minangsatu, Minggu (18/7).

Hendra, selaku Ketua Pokdarwis yang mengelola objek wisata ini menjelaskan, bahwa pengelolaan Puncak Koto Panjang sedari awal sudah terbentuk Pokdarwis Beringin Sakti Koto Panjang. Organisasi inilah yang mengurus seluruh kegiatan administrasi objek wisata tersebut.

Saat ini, kata Hendra, objek wisata Puncak Koto Panjang selalu menjadi idola dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Rata-rata tingkat kunjungan wisatawan per hari mencapai ratusan orang. Malah, keberadaan objek wisata itu, mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

"Jumlah pengunjung 200 orang dihari biasa, dan mencapai 800 orang dihari libur. Sekitar 10 KK juga membuka warung sederhana disekitar lokasi wisata, dengan omzet penjualan per-hari mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah," kata Hendra.

Hal ini menandakan lokasi Wisata Alam Puncak Koto Panjang ini, tambah Hendra, sangat diminati oleh masyarakat Pasaman, bahkan banyak juga yang datang dari luar Kabupaten Pasaman.

Selain itu, kata Hendra, kepada pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut, diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti pemakaian masker dan adanya aturan jaga jarak pengunjung. Disamping itu, juga disediakan tempat cuci tangan di pintu masuk penjualan tiket wisata tersebut.

Kedepan, untuk peningkatan dan pengembangannya, ia berharap adanya support nyata maupun kolaborasi dari semua elemen, serta seluruh pihak terkait, untuk membantu agar Puncak Koto Panjang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Pasaman.

"Insya Allah, secara bertahap, kita selalu hadirkan inovasi untuk pengembangan objek Wisata Puncak Koto Panjang agar lebih sempurna dan meningkatkan kenyamanan pengunjung. Saat ini, kita terus upayakan lampu penerangan jalan. Beberapa bulan lalu kita sudah koordinasi dan surati pihak PLN, hingga saat ini belum terealisasi. Mungkin ada beberapa proses yang belum clear," ungkap Hendra.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya juga selalu mengupayakan ke Pemda atau pihak terkait, akan perbaikan insfrastruktur berupa akses jalan menuju lokasi bisa lebih nyaman maksimal.

Ferdinal Asril, selaku pemerhati wisata Pasaman, menyampaikan apresiasinya terhadap Pokdarwis Beringin Sakti Koto Panjang yang diketuai Hendra, dalam mengembangkan Objek Wisata Koto Panjang dengan kreatifitas ala kaum milennial.

"Ini sungguh luar biasa, Pemuda melalui Pokdarwis Koto Panjang sangat hebat. Kreatifitas maupun ide cemerlang akan pengembangan objek wisata potensial di Pasaman ini perlu didukung penuh," ujar Ferdinal.*


Wartawan : M. Afrizal
Editor : Benk123

Tag :#pasaman