HOME OLAHRAGA KOTA PADANG

  • Rabu, 16 Februari 2022
Gelar Webinar Olahraga, Semen Padang Hadirkan Matias Ibo
Fisioterapis Indonesia, Matias Ibo

Padang (Minangsatu) - Dalam rangka menyambut HUT ke-112 tahun, PT Semen Padang menggelar webinar tentang olahraga dengan tema “Bahagia dengan Olahraga”, Rabu (16/2/2022), dengan menghadirkan fisioterapis Indonesia, Matias Ibo.

Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhamamd Dharury ketika membuka webinar menekankan bahwa olahraga merupakan kunci agar kita sehat. "Kalau tidak olahraga, badan akan sakit. Saya sendiri pernah merasakan badan sakit karena 1,5 bulan tidak berolahraga," kata Tubagus. 

Olahraga, kata Tubagus melanjutkan, adalah bagian dari fisioterapi. Untuk itu, kepada insan Semen Padang Group, ia pun mengajak untuk rutin berolahraga sesuai dengan porsi masing-masing. 

"Secara bertahap kita harus meningkatkan kesehatan. Jadi, mari kita rutin berolahraga karena kesehatan yang baik juga dapat meningkatkan produktivitas," ujar Tubagus seraya mengingatkan seluruh peserta webinar untuk mematuhi prokes. 

Sementara itu, Matias Ibo menyampaikan bahwa olahraga merupakan sesuatu yang disukai tubuh. Dalam seminggu, tubuh membutuhkan olahraga minimal 150 menit atau 21 - 30 menit/hari. 

"Namun sayangnya, banyak orang susah untuk memulai berolahraga rutin 30 menit/hari. Padahal setiap orang itu punya waktu luang 6 jam/hari. Harusnya, 30 menit dari waktu luang 6 jam itu dimanfaatkan untuk berolahraga," ujar Pelatih Performa Olahraga Tinggi, sekaligus Pelatih Medis Adidas Runners. 

Fisioterapis pertama di tim nasional sepak bola Indonesia itu mengatakan,  orang yang tidak berolahraga atau tidak banyak bergerak, akan mengalami obesitas, masalah jantung, diabetes, hipertensi, tekanan darah tinggi, depresi atau sering kuatir, masalah persendian, masalah tulang dan lain sebagainya. 

"Kita memang tidak bisa mencegah usia kita, tetapi yang bisa kita lakukan adalah bagaimana ketika kita semakin tua, tetapi  tetap sehat, sehingga tidak menyulitkan orang-orang sekitar kita. Untuk itu, rutinlah berolahraga agar tubuh kita tetap sehat dan kuat," tuturnya. 

Matias menyebut banyak orang yang usianya bahkan sampai 90 tahun, tapi mereka bisa bergerak dengan bagus dan jantungnya juga bagus, tidak gemuk, serta tekanan darahnya pas. "Mereka bisa tetap sehat, karena rutin setiap hari bergerak, setiap hari berjalan, dan setiap hari rutin berolahraga," bebernya. 

Olahraga, kata Matias, terbagi tiga definisi, yaitu aktivitas fisik, kesehatan fisik dan aktivitas fisik rutin. Berolahraga secara rutin, dapat mengurangi risiko tiga penyebab utama kematian, yaitu penyakit jantung, stroke, dan kanker. 

Kemudian, berolahraga juga dapat meningkatkan mental, memperbaiki kebiasaan tidur, emningkatkan energi, menghilangkan depresi dan membantu mengelola stres. "Bahkan, olahraga rutin juga dapat membuat kita semakin percaya diri," ujarnya. 

Di samping olahraga, sebut Matias, tubuh juga butuh nutrisi untuk energi dan kalori. Untuk itu, konsumsilah karbohidrat, protein dan fat secukupnya untuk kebutuhan tubuh. Untuk carbohydrate, sebaiknya atur kebutuhannya. 

"Misalnya untuk satu porsi makanan, terdapat 20 persen nasi, kemudian sisanya protein dan fat. Kalau sudah ada nasi, jangan konsumsi carbohydrate lainnya seperti ubi jalar, singkong, kentang, mangga, pisang, kacang-kacangan, dan jagung," bebernya. 

Webinar yang digelar melalui aplikasi Microsoft Teams itu diikuti antusiasme oleh hampir 200 orang peserta. Antusias peserta terlihat dari banyak pertanyaan yang diajukan dan komentar positif yang disampaikan peserta.  

Salah seorang peserta webinar Arfan Asmara Putra dalam kolom chat menuliskan, "Terimakasih atas pencerahannya, Coach Ibo... Semoga seukses selalu dalam setiap aktifitas,". Kemudian peserta lainnya Haria Putra menyampaikan, "Undang langsung ke padang coach Matias nya". 

Launching Rise Stronger Challenge 

Selain webinar, pada kesempatan itu PT Semen Padang juga melaunching event "Rise Stronger Challenge" berhadiah total Rp23 juta, yang digelar mulai 16 Februari sampai 14 Maret 2022. 

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan bahwa Rise Stronger Challenge ini digelar bertujuan untuk mengajak semua karyawan Semen Padang Group untuk bergerak dan berolahraga. Karena, olahraga yang rutin bisa menjadi investasi masa depan. 

"Rise Stronger Challenge adalah berjalan, berlari, dan bersepeda. Jadi, mulai hari ini hingga 14 Maret mendatang, PT Semen Padang memberikan tantangan untuk semua insan Semen Padang Group untuk bergerak yang dalam hal ini, berjalan, berlari dan bersepeda," kata Nur Anita. 

Untuk syarat pesertanya, Anita menyampaikan selain insan Semen Padang Group, peserta wajib melakukan registrasi dan submit aktivitas di wwww.risestrongerchallange.com, dan peserta boleh mengikuti semua atau salah satu challange, namun hanya bekesempatan memenangkan satu kategori challenge. 

Kemudian, peserta wajib mempunyai akun Strava dan akun tidak boleh diprivate. Kemudian, upload aktivitas (jalan, lari, bersepeda) harus pada hari yang sama. Peserta tidak diperkenankan untuk melakukan tagging friend di akun Strava pada saat beraktivitas. 

Jarak tempuh minimal untuk satu kali aktivitas, sebut Anita, untuk sepeda 5 km, lari 2 km, dan jalan 1 km dengan waktu 10 menit. Jarak antar aktivitas yang sama di akun Strava minimal 2 jam. Peserta yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi. 

"Total hadiahnya Rp23 juta. Namun, bagi setiap peserta yang berhasil menyelesaikan aktivitas berkesempatan untuk mendapatkan dooprize finisher. Untuk pemenang, akan diumumkan pada saat event HUT ke-112 PT Semen Padang pada tanggal 18 Maret 2022. " jelas Nur Anita.*


Wartawan : Rivo / rilis
Editor : Benk123

Tag :#semen padang