HOME WEBTORIAL KOTA PADANG

  • Selasa, 7 Desember 2021
DPRD-Pemko Padang Sepakati Perubahan RPJMD 2019-2024
Ketua DPRD Padang Syafrial Kani serahkan naskah pengesahan RPJMD Padang 2019-2024 kepada Walikota Hendri Septa.

Padang (Minangsatu) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang gelar Sidang Paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan Atas Perda No 6 Tahun 2019, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Tahun 2019- 2024.

Paripurna yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kota Padang pada Senin malam (6/12/2021) itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Padang Syafrial Kani didampingi Wakil Ketua, Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar dan diikuti anggota DPRD Kota Padang serta tamu undangan lainnya.

(Walikota Hendri Septa sampaikan apresiasi atas pengesahan RPJMD Padang 2019-2024.)


Dalam paripurna itu, seluruh fraksi DPRD Kota Padang dalam penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi menerima Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Tahun 2019- 2024 dengan catatan sebagaimana yang telah disampaikan masing-masing fraksi untuk dituangkan menjadi Perda sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengatakan, Alhamdulillah melalui sidang paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi- fraksi hari ini, DPRD bersama Pemko Padang telah sepakati perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Tahun 2019- 2024.

(Anggota DPRD Padang ikuti rapat paripurna pengesahan RPJMD Padang 2019-2024.)


"Artinya kita hanya menyesuaikan dengan kondisi yang kita hadapi hari ini. Itu kan RPJMD Kota Padang tahun 2019 - 2024 karena adanya kondisi -kondisi seperti masalah Covid, ini kan perlu kita sesuai kan dalam bentuk kebijakan-kebijakan sesuai kemampuan daerah yang ada pada hari ini," kata Syafrial Kani.

Walikota Padang Hendri Septa dalam sambutannya menyampaikan, kami atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Padang atas pelaksanaan sidang paripurna ini, yang telah menyetujui perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Tahun 2019- 2024.

(Pimpinan rapat paripurna pengesahan RPJMD Padang 2019-2024.)


Selanjutnya kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap komponen masyarakat Kota Padang, baik perhatian secara langsung maupun tidak langsung dalam proses penyusunan dan pembahasan Raperda perubahan RPJMD Kota Padang. Kami juga telah mengakomodir berbagai saran dan pemikiran dari komponen masyarakat tersebut untuk dijadikan penguatan arah kebijakan pembangunan daerah tiga (3) tahun kedepan.

Lebih lanjut disampaikan, perubahan RPJMD tahun 2019-2024 tidak merubah  visi, misi dan progul daerah, namun hanya menyesuaikan kembali program - program yang sudah ditargetkan pada tahun - tahun sebelumnya yang belum tercapai untuk dilakukan pada tiga tahun mendatang. Selain itu perubahan RPJMD Kota Padang tahun 2019 -2024 telah melakukan sinkronisasi terhadap RPJMN tahun 2020-2024 dan RPJMD Sumatera Barat tahun 2021- 2026.

(Juru bicara Fraksi Demokrat sampaikan pandangan fraksinya atas RPJMD Padang 2019-2024.)


"Dengan telah disetujuinya Ranperda hari ini, kami instruksikan kepada seluruh Kepala OPD untuk melakukan penuntasan penyusunan rancangan akhir perubahan rencana strategis perangkat daerah sesuai urusan dan kewenangan masing-masing sesuai dengan berpedoman kepada perubahan RPJMD Kota Padang tahun 2019-2024," ucap Wako Hendri Septa.

Kemudian kepada Bappeda diminta segera menyampaikan Ranperda tentang perubahan atas Perda No 6 Tahun 2019 tentang RPJMD ini kepada Gubernur Sumbar untuk dievaluasi selambat-lambatnya tanggal 8 Desember 2021 ini.

(Juru bicara Fraksi Golkar-PDI Perjuangan sampaikan pandangan fraksinya.)


Terakhir disampaikan Walikota Padang Hendri Septa, kami mengajak pimpinan dan anggota DPRD serta seluruh komponen masyarakat Kota Padang untuk bersama-sama mendukung perencanaan yang telah kita sepakati untuk dilaksanakan. Kita kawal dan kita evaluasi demi mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing.*


Wartawan : Boing
Editor : Benk123

Tag :#DPRDPADANG