HOME PARIWISATA KABUPATEN AGAM

  • Minggu, 16 Juni 2019
Di Lereng Singgalang Ada Sajuta Janjang
Sajuta Janjang di Lereng Singgalang

Pakan Sinayan (Minangsatu) -Sebuah tempat rekreasi baru dengan konsep kekinian hadir di sekitaran Lereng Gunung, Singgalang Kabupaten Agam. Tepatnya di Jorong Tabek Sarikan, Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, tempat wisata bernama "Sajuta Janjang Lereng Singgalang" menjadi incaran baru penikmat wisata alam dan fotografi. 

Dari lokasi dengan ketinggian 1200 mdpl ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Kota Bukittinggi yang dilingkari Kabupaten Agam. Banyak pengunjung hadir di pagi dan sore hari sambil berolahraga karena jalan menuju Sajuta Janjang cukup menantang untuk kegiatan "joging'.

Salah seorang pengunjung asal Kota Bukittinggi, Lisda (42) mengaku pertama kali melihat informasi perihal "Sajuta Janjang" dari media sosial Facebook.
"Ketika pertama kali saya melihat postingan tempat ini di Facebook, besoknya saya langsung mengajak keluarga untuk jalan-jalan ke sini. Cukup capek sih untuk sampai kesini, namun semua terbayar dengan keindahan alam yang disajikan." jelasnya.

Keberadaan lokasi wisata baru ini tentunya juga berdampak pada perkenomian masyarakat. Saat ini sudah ada sekitar delapan penjaja makanan dan minuman berjualan di lokasi Sajuta Janjang.
"Alhamdulillah. Sejak mulai dibuka pada akhir tahun 2018, kami bisa menambah uang pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari berkat berjualan di sini. Semoga semakin ramai orang yang datang kesini.", harap Rahma (39), seorang pedagang makanan yang sehari-hari mangkal di Sajuta Janjang.

Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Datuak Kayo Nan Kuniang menuturkan bahwa meskipun belum diresmikan dan masih pada tahap pengerjaan, namun Sajuta Janjang sudah jadi incaran wisatawan lokal termasuk luar Sumatera Barat.
"Alhamdulillah, meskipun belum selesai, lokasi Sajuta Janjang banyak dikunjungi terlebih pada hari pertama dan kedua Idul Fitri lalu.", katanya.

Ditambahkan Hendri perencanaan pembangunan Sajuta Janjang sudah dimulai sejak tahun 2015.
"Tahun 2015 kita masukkan usulan. Alhamdulillah tahun 2018 kita sudah mulai pembangunan berkat  bantuan dari APBD provinsi dan Kabupaten. Insya Allah semua tahap pembangunan bakal selesai pada tahun 2021.", pungkas Hendri.

Rencananya di lokasi Sajuta Janjang nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya rest area, sarana out bond, akses darurat (emergency access), landasan paralayang, serta sentra kuliner dan suvenir.

 


Wartawan : Rivo Septian
Editor : melatisan

Tag :#lereng Singgalang