HOME KESEHATAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

  • Kamis, 5 November 2020

Covid-19 Di Mentawai; Tambahan Positif 9 Orang

Jumpa pers di sekretariat kantor bupati Mentawai km 5 Jalan Tuapejat, Sipora Utara, Kamis (5/11)
Jumpa pers di sekretariat kantor bupati Mentawai km 5 Jalan Tuapejat, Sipora Utara, Kamis (5/11)

Mentawai (Minangsatu) - Mengenai perkembangan kasus Covid-19 di Mentawai, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Mentawai Lahmuddin menyampaikan bahwa terdapat penambahan 9 orang positif, Kamis (5/11). Ini berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan dan diumumkan oleh laboratorium penyakit menular rumah sakit Unand Padang.

“Sembilan orang terkonfirmasi positif tersebut yakni 3 orang diisolasi di RSUD Mentawai, 4 orang di Puskesmas Sikakap, dan 2 orang diisolasi mandiri yang masing-masing berada di Padang dan Solok”, ujarnya melalui jumpa pers bertempat di sekretariat kantor bupati Mentawai Km 5 Jalan Tuapejat, Sipora Utara.

Diketahui lebih lanjut, 9 orang terkonfirmasi positif kasus baru tersebut terdiri atas 3 orang aparatur sipil negara (ASN), 2 orang swasta, 2 orang ibu tumah tangga (IRT), 1 orang mahasiswa, dan 1 orang anggota kepolisian Polsek Sikakap. Semuanya pun sudah diisolasi.

Kadis mengatakan bagi yang berhubungan langsung dengan para tertular positif agar segera menghubungi petugas untuk mengecek dirinya dan tidak usah merasa takut. 

Di samping itu, hasil tes swab terhadap 60 orang pelaku usaha menunjukkan seluruhnya negatif.

Pada kesempatan lain, Kasatpol PP Mentawai Dul Sumarno mengatakan bahwa terkait penegakkan Perda nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), telah dilakukan penertiban selama tiga pekan terakhir dan didapati banyak masyarakat masih yang tidak disiplin. Setidaknya ada 80 masyarakat yang terjaring tidak memakai Masker.

“Dengan ketidakdisiplinan masyarakat, Wakil Bupati Mentawai mengatakan agar para pelaku yang tidak mematuhi perda AKB diberi sanksi,” ujar Sarman Sekretaris Satu Pol PP Mentawai. 

Imbauan Kadis Mentawai selaku Tim Jubir Gugus tugas Terkonfirmasi Penyakit Menular COVID-19 agar mau melakukan Swab /PCR  karena tidak dipungut biaya apapun. Kadis  Kesehatan Lahmuddin berharap Mentawai cepat keluar dari penambahan terus-menerus terhadap klaster baru.

Turut hadir dalam agenda ini, Juru Bicara Gugus Tugas, Kabag  Hukum Pemda Mentawai Serieli, bersama Kadis PolPP Dul Sumarno, dan Jubir Kadis Kesehatan Lahmuddin.


Wartawan : Rijon
Editor : susi

Tag :#Mentawai #Covid-19 #Positif

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com