HOME BIROKRASI KOTA SAWAHLUNTO

  • Senin, 22 Maret 2021
Walikota Sawahlunto Deri Asta Lantik Satlimas Kecamatan Barangin dan Lembah Segar  
Walikota Sawahlunto Deri Asta saat melantik Satlinmas Kecamatan Barangin dan Lembah Segar

Sawahlunto (Minangsatu) - Walikota Sawahlunto Deri Asta Lantik Satlinmas Kecamatan Barangin. Deri Asta menyampaikan Satlinmas agar mampu bersinergi dalam pembangunan, keamanan, dan ketertiban serta ketentraman di desa/kelurahan.

"Satlinmas juga berfungsi dalam penanggulangan dan pencegahan bencana, serta melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Satlinmas dalam hal ini kepala desa atau kelurahan," ujar Deri Asta saat melantik 100 orang Satlinmas di Kecamatan Lembah Segar, Senin (22/3)

Satlinmas semula dikenal sebagai pertahanan sipil (hansip). Dalam perjalanan berubah menjadi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang merupakan suatu lembaga atau organisasi yang mempunyai tugas pokok untuk membantu aparatur daerah dalam memelihara, mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan serta ketertiban masyarakat.

Kepala desa dan kelurahan sebagai kepala Satlinmas hendaknya mampu membangun sinergitas antara perangkat desa atau kelurahan, baik itu ketua RT/RW dan juga kepala dusun bersama dengan Satlinmas agar melaksanakan fungsinya sesuai dengan Permendagri no.26 tahun 2020, sekaligus sebagai penyampai kebijakan pemerintah desa, daerah dan nasional.*


Wartawan : Hendra Idris
Editor : Benk123

Tag :#sawahluntom #satlinmas