HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PAYAKUMBUH

  • Sabtu, 10 April 2021
WALIKOTA PAYAKUMBUH HIMBAU MASYARAKAT MENGURUS JAMINAN KESEHATAN KE BPJS
Walikota Payakumbuh Riza Falepi

Payakumbuh, (Minangsatu) - Walikota Payakumbuh Riza Falepi menghimbau masyarakat agar mengurus jaminan kesehatannya di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, karena penting untuk mempermudah pelayanan kesehatan.

"Saya harapkan seluruh warga Kota Payakumbuh dapat menerapkan pola hidup sehat dan bagi yang belum memiliki Jaminan Kesehatan, segeralah mendaftar Program JKN-KIS ke BPJS Kesehatan," kata Riza, Sabtu (10/4).

Bagi warga yang tidak mampu atau miskin, Riza menyebut mereka bisa mendaftarkan diri untuk mengurus BPJS yang biayanya ditanggung pemerintah ke dinas sosial di Padang Kaduduak atau di konter Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk diberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

"Bagi warga yang mampu tolong kalau belum punya kartu BPJS, lakukan pendaftaran mandiri di MPP. Kita semua butuh sehat, jangan ketika saat sudah sakit barulah warga mengurus kartu. Jangan lupa rutin membayar iurannya bagi yang mandiri agar sewaktu-waktu ketika butuh pelayanan kesehatan tidak terkendala masalah finansial lagi," kata Riza.

"Disaat sudah masuk rumah sakit, dan baru mengurusnya, kartu BPJS itu tidak bisa digunakan langsung. Akibatnya nanti kemudian banyak yang menyalahkan pemda, ini nggak bagus," tambahnya.

Riza berharap agar warganya tidak lalai dengan urusan yang sangat vital ini. Maksudnya jika ada masyarakat tidak mampu dan kartu BPJSnya tidak pula diurus, nanti pas sudah sakit bakal mengalami kesulitan dalam berobat.

"Jadi bukan pemerintahnya yang tidak pro aktif. Kalau BPJSnya diurus hari itu, maka tidak langsung bisa dipakai, harus ditunggu approve dari pusat yang bisa memakan waktu sampai 14 hari," tukuknya.*


Wartawan : Fegi Andriska
Editor : Benk123

Tag :#payakumbuh