HOME SOSIAL BUDAYA NASIONAL

  • Jumat, 30 Oktober 2020
Untuk Pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli Sebagai Pahlawan Nasional, Besok Sejumlah Pakar Bicara di Webinar
Webinar Nasional tentang Syekh Sulaiman Arrasuli

Padang (Minangsatu) - Terkait pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli, atau akrab dipanggil Inyiak Canduang, besok (Sabtu, 31/10) akan digelar Webinar dengan tema "Syekh Sulaiman Arrasuli, Pejuang dan Pemersatu Umat dan Bangsa".

Khairul Jasmi, salah seorang pembicara pada Webinar itu, yang juga telah menerbitkan novel sejarah Inyiak Sang Pejuang, menuturkan bahwa Syekh Sulaiman Arrasuli (SSA), merupakan salah satu ulama besar sekaligus pejuang kemerdekaan Bangsa Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Pendiri sekolah/pesantren MTI Candung yang sampai sekarang telah menghasilkan ribuan alumni yang berkiprah di berbagai bidang ini, tidak hanya mengabdikan diri dalam dunia pendidikan saja tapi juga di bidang dakwah, sosial masyarakat dan lain sebagainya.

Berbagai organisasi yang beliau gagas dan bidani seperti Ittihadul Ulama Minangkabau, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Mahkamah Syari'ah di Sumatera Tengah, hingga diamanahi
sebagai Ketua Sidang Konstituante Pertama RI, menjadi media perjuangan beliau baik dalam merebut maupun dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. 

Syekh Sulaiman Arrasuli seperguruan dengan  K.H. Hasyim Asyari (pendiri NU) dan K.H. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) sewaktu bersama-sama menimba ilmu di Makkah al-Mukarramah kepada ulama besar bernama Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi. 

"Selanjutnya, dalam rangka memperjuangkan pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli (SSA) menjadi Pahlawan Nasional, mari kita simak penuturan para narasumber dari berbagai perspektif keilmuan mengenai kiprah dan perjuangannya," ujar KJ, sapaan Khairul Jasmi.

Sebagaimana leaflet yang disebarkan secara daring, akan bertindak sebagai moderator adalah Dr. Aldomi Putra, S.Th.I, M.A. Dan para narasumber/pembicara, terdiri dari Prof. Abdus Shamad, Lc., D.E.S.A., Ph.D. (Ulama), Prof. Dr. Asvi Warman Adam (Sejarawan LIPI), Ridwan Saidi (Budayawan), Prof. Dr. H. Alaiddin Koto, MA (Ketua DPP Tarbiyah-Perti), K.H. Ahmad Baso (Wakil Ketua Lakpesdam PBNU), Drs. H. Guspardi Gaus, M.BA (Anggota DPR RI), Khairul Jasmi (Wartawan, Penulis Novel Inyiak Sang Pejuang), dan H. Hendri, S.Ag., M.Pd. (DPP Persatuan Alumni Candung/Ka. Kanwil Kemenag Sumbar)

Silakan ikuti; Sabtu, 31 Oktober 2020, pukul 09:00 - 13:00 WIB. Pendaftaran gratis dapat melalui:
http://bit.ly/Webinar-Arrasuli. Livestream Youtube:
 https://tinyurl.com/The-Arrasuli


Wartawan : Boing/rel
Editor : sc.astra

Tag :#SulaimanArrasuli #InyiakCanduang #Webinar