HOME AGAMA KOTA PADANG PANJANG

  • Kamis, 8 April 2021
Tuan Rumah MTQ Sumbar ke 39, Padang Panjang Target Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi
Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran (kanan) dan Wakil Wali Kota, Asrul, sama bertekad manggapai sukses tuan rumah dan prestasi MTQ ke 39 Sumbar, tahun 2021.

Padang Panjang (Minangsatu) - Memasuki tahun ke tiga kepemimpinan duet Wali Kota/Wakil Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA dan Drs. Asrul, kota Padang Panjang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Sumatra Barat XXXIX (ke-39). Untuk kesuksesan hajat insan-insan pembaca ayat-ayat suci Alquran ini, Pemko Padang Panjang membutuhkan dana sekitar Rp14,5 miliar.

Sebagai kota religi menyandang predikat dengan sebutan Serambi Mekkah, Wali Kota Fadly Amran berkomitmen untuk menjadikan Padang Panjang sebagai tuan rumah yang terbaik di ajang MTQ Sumbar ke-39 ini. Intinya, usai lebaran Idul Fitri nanti, ia akan mengawal langsung di lapangan persiapan MTQ ini. "Tak ada aral melintang. Insya Allah kita jadwalkan pertengahan November 2021 alek MTQ telah dapat kita laksanakan," ujarnya.

Menyinggung begitu besar dana yang dibutuhkan untuk hajatan MTQ ke-39 yang nantinya akan melibatkan Qari-Qariah se Sumatra Barat, Fadly Amran dibantu perjuangan anggota DPRD Sumbar, Mesra, berhasil memperoleh bantuan Pemprov Sumbar sebesar Rp7,5 miliar. "Alhamdulillah, dari kegigihan kita berjuang kita mendapat bantuan dari Pemprov Sumbar sebesar Rp7,5 miliar. Jika seluruh dana pelaksanaan kita siapkan dari APBD Padang Panjang, otomatis, itu akan sangat terasa berat mengingat dana banyak tersedot Covid-19, dan belum lagi kekurangan akibat refocusing", ujar Fadhly dalam satu perbincangan, Rabu lalu di ruang kerjanya.

KAWASAN ISLAMIC CENTER KOTA PADANG PANJANG

Yang jelas, sebagai salah satu kota di Sumatera Barat dikenal sebagai kota yang telah banyak melahirkan ulama besar lewat pondok pesantren Thawalib Putra, Diniyyah Putri dan Kauman Muhammadiyah, tentu makin memotivasi Padang Panjang untuk menyiapkan acara MTQ Sumbar ke-39 semeriah mungkin. Acara pembukaan MTQ akan dikemas secara spektakuler. "Disamping kerja keras seluruh OPD lingkup Pemko, kita juga akan libatkan EO (event organizer) dan tenaga-tenaga profesional lainnya untuk kemeriahan alek ini," tandas Fadly.

Untuk acara pembukaan kelak akan dijadikan lokasi mimbar utama, ada dua tempat (lokasi) tengah dipertimbangkan, yakni, areal gelanggang pacuan kuda Bancah Laweh dan kawasan Islamic Centre. Ini akan dikaji dan dipertimbangkan dari dua lokasi ini yang terbaik nantinya akan dijadikan panggung utama. "Dalam hal ini, saya juga berharap dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh lapisan di kota ini demi kesuksesan hajat MTQ Sumbar ke-39 ini," papar Fadly.

GELANGGANG PACUAN KUDA, BANCA LAWEH

Sementara untuk persiapan kafilah kota Padang Panjang, menurut Wali Kota, sudah dilakukan oleh Bagian Kesra, mempersiapkan qari-qariah semaksimal mungkin. Seyogyanya, di MTQ Sumbar ke 39 nanti, kota Padang Panjang tidak hanya sukses sebagai tuan rumah tapi juga berhasil dalam prestasi untuk menuju even besar dan nasional.

Di sudut lain, sejumlah warga kota meminta Pemko sedari kini sudah mulai menggaungkan alek MTQ Sumbar ke 39 ini. Hendaknya sudah terpasang baliho MTQ di perkantoran atau di videotron yang terpajang di ruas jalan utama kota. "Ini alek besar, sangat dibutuhkan kerja keras semua pihak di kota ini. Soalnya, dialek MTQ nanti diperkirakan ribuan orang datang ke Padang Panjang. Jadi, perlu sebuah persiapan yang sangat matang dan terencana," celetuk warga.


Wartawan : Mak Pangulu
Editor : ranof

Tag :#Padang panjang#Tuan rumah#Mtq ke 39#Sumbar#Wali kota#Fadly amran#