HOME PERISTIWA KABUPATEN SOLOK

  • Senin, 3 April 2023

Tanggap, Gubernur Mahyeldi Berikan Bantuan Darurat Untuk Korban Kebakaran Rumah Gadang Di Kabupaten Solok

Penyerahan bantuan korban kebakaran. Foto ist.
Penyerahan bantuan korban kebakaran. Foto ist.

Kab. Solok (Minangsatu) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memberikan bantuan tanggap darurat pada korban yang terdampak musibah kebakaran di kawasan pemukiman Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Senin (4/4/2023).

Sejumlah selimut, kasur, tikar, bantuan pangan dan bantuan darurat lainnya diserahkan Mahyeldi pada Wali Nagari Muaro Pingai, Dodi Hermen.

Gubernur Mahyeldi meminta Wali Nagari untuk segera membuat laporan kejadian bencana alam pada Pemerintah Kabupaten Solok dan diteruskan ke pemerintah provinsi untuk ditindaklanjuti. "Musibah ini kita jadikan pelajaran, insyaAllah, Allah akan menggantikan dengan yang lebih baik, namun kita tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa," ujar Mahyeldi.

Menurut keterangan Dodi, akibat dilalap api padpada Minggu siang (2/4/2023) pukul 10.51 WIB, dua rumah gadang, dua rumah semi permanen dan empat ruko ludes terbakar, termasuk kantor wali nagari, satu sepeda motor dan perangkat alsintan milik warga. Sementara dua rumah lainnya mengalami rusak berat.

Sumber kebakaran disinyalir disebabkan oleh arus pendek yang berasal salah satu ruko. Jumlah warga terdampak dilaporkan Dodi sebanyak 7 KK dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Sebelumnya, PLH Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Solok, Drg. Aida Herlina M.M mengatakan, kebakaran hebat baru dapat dipadamkan setelah pihaknya menurunkan setidaknya 8 unit damkar.

“Kami menurunkan empat damkar dari Kabupaten Solok, dua unit damkar dari Kota Solok, satu unit damkar dari Padang Panjang dan satu unit damkar dari Tanah Datar,” katanya.

Meski sempat kewalahan lantaran kebakaran terjadi di areal padat penduduk, upaya petugas damkar bersama warga akhirnya membuahkan hasil. Api dapat dijinakkan sekitar pukul 11.36 WIB. Beruntung, tidak ada laporan terkait korban jiwa akibat peristiwa nahas itu.


Wartawan : ADPSB
Editor : ranof

Tag :#Kebakaran dekat rumah gadang #Kab Solok #Sumbar

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com