HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT


  • Senin, 8 Juli 2019
Segera Selesai, Bendungan Batang Bayang Pasbar Bakal Jadi Objek Wisata Baru
Bendungan D.I Batang Bayang

PASAMAN BARAT (Minangsatu) - Terhitung 623 Hari Kalender Pekerjaan Item Utama Bendungan D.I Batang Bayang sudah tahap finishing hanya tinggal pintu air dan pemindah saluran pengelak. Hal itu di sampaikan Project Production Manager PT Adhi Karya KSO Indo Bangun Group Muh Ari Yunianto kepada minangsatu, Kamis (4/7).

Ia mengatakan, untuk pekerjaan Saluran Suplesi direncanakan sepanjang 5,4 Km, yang sudah rampung dikerjakan mencapai 1 Km, sedangkan 4,4 Km lagi tahap penggalian. Sementara di saluran Suplesi ini masih terdapat tiga bidang tanah yang belum tuntas pembebasan lahan.

"Kalau saluran induk rencananya 8,5 Km, areal lahan yang sudah dibebaskan sepanjang 1,3 Km selebihnya masih dalam penilaiam tim apraisal. Dan ada sekitar 200 Bidang tanah yang dilalui saluran masih belum tuntas," katanya

Sementara, katanya, Fasum yang bakal di bangun di lokasi bendung seperti Lanscape, sarana olah raga, mushalla, groundsill pengamanan jembatan dengan lebar 50 M menunggu persetujuan dari Pihak BWSS V Sumbar.

"Dengan adanya sarana penunjang tersebut Bendungan Batang Bayang nantinya bakalan jadi tempat olah raga objek wisata baru di sini," cetus Ari.

Disebutkan, untuk volume pekerjaan, per 23 Juni 2019 sudah mencapai 46,101 %.
Terkait fisik belum terdapat hambatan yang fatal masih bisa ditangani dilapangan, kita masih optimis selesai hingga akhir kontrak.

"Kita minta bangunan - bangunan di sepanjang saluran suplesi di adakan  review design dengan menambahkan bangunan seperti gorong - gorong 4 unit, gorong - gorong pembuang 2 unit, bangunan terjun 5 unit, perubahan elevasi saluran," Tambah Leaders Konsultan Supervisi DI Batang Bayang PT.Wiratman KSO PT. Mitra Asia Pasifik M Rizal.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pasaman Barat, Daliyus, K mengucapkan terima kasih kepada  Pemerintah Pusat atas dana yang telah di Gucurkan untuk pembangunan proyek Bendungan Irigasi Batang Bayang sangat besar mamfaatnya bagi Pasaman barat dan khususnya masyarakat Kecamatan Lembah Melintang.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang terkena dampak dari proyek pembangunan tersebut agar memberikan dukungan penuh pembebasan lahan supaya pekerjaan DI Batang Bayang dapat selesai tepat waktu.

"Kan sebelumnya kita selalu mendengar jika hujan turun aliran Sungai Batang bayang selalu membawa bajir dan melanda rumah warga yang berdampak buruk. Ini juga salah satu cara pemerintah mengatasinya," sebut Daliyus.

Pihaknya juga mengharapkan kepada rekanan pelaksana agar dapat bekerja dengan baik dan mengutama kan mutu.

"Kita patut bersyukur dengan dipercayakan daerah Ujung Gading sebagai tempat strategis dalam pembangunan DI Batang Bayang, semoga dengan adanya pembangunan bendungan ini dapat mengatasi masalah banjir yang di bawa sungai Batang Bayang untuk kedepannya," ujarnya.

Hal senada juga di sampaikan wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto, bahwa seluruh unsur masyarakat di minta untuk mendukung pembangunan DI Batang Bayang.

"Kita meminta semua lapisan masyarakat serta pemangku kepentingan, mari kita dukung demi suksesnya pembangunan DI Batang Bayang di Pasbar, agar mamfaatnya bisa segera dirasakan masyarakat setempat," harapnya.


Wartawan : Afratama
Editor : boing

Tag :#pasaman barat#batang bayang