HOME BIROKRASI NASIONAL

  • Jumat, 25 September 2020
Sistem Manajemen Anti Penyuapan, PT KAI Raih ISO 37001:2016
PT KAI raih ISO 37001: 2016

Jakarta (Minangsatu) - PT KAI berhasil mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016, Jumat (25/9). Penghargaan yang diterima ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri BUMN Nomor: S-35/MBU/02/2020 tentang Implementasi Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) di Badan Usaha Milik Negara berdasarkan SNI ISO 37001:2016. Beberapa tahap yang dijalani yakni perencanaan, pengembangan, dan implementasi, evaluasi, dan sertifikasi.

"Sertifikasi ini merupakan bentuk komitmen KAI untuk mengatasi segala bentuk penyuapan dan sebagai perusahaan publik yang menjalankan Good Corporate Governance (GCG) yang baik", Ujar Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.

Penerapan sistem manajemen anti penyuapan SNI ISO 37001:2016 ini akan memberikan panduan untuk mencegah, mendeteksi dan menindaklanjuti penyuapan dan tindakan korupsi lainnya", Ungkap Didiek.

Ke depan, KAI akan terus mengembangkan dan menyempurnakan SMAP sehingga kebijakan menjadi proporsional dalam mencegah terjadinya penyuapan dan praktik korupsi lainnya. Didiek mengatakan, selanjutnya SMAP ini akan diImplementasi ke seluruh satuan organisasi baik di kantor pusat maupun di daerah. 

“Sertifikasi ini memperkuat pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang telah kami jalankan sebelumnya seperti pengendalian gratifikasi dan pencegahan benturan kepentingan, budaya Whistleblowing System, pengelolaan LHKPN, sistem pengawasan intern, dan lain sebagainya,” tegas Didiek.

Penyerahan sertifikat ini menjadi hadiah bagi KAI yang akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-75 pada 28 September 2020. Dengan bertambahnya usia, KAI akan terus Wujudkan KAI Bersih, Bebas Suap, Bebas Korupsi.


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-zahra
Editor : susi

Tag :#PTKAI #Penghargaan #SMAP #AntiSuap