HOME SOSIAL BUDAYA KOTA BUKITINGGI

  • Selasa, 6 April 2021
Pemko Bukittinggi Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI
Bunda Literasi Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar

Bukittinggi (Minangsatu) - Bunda Literasi Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar mengapresiasi pelaksanaan lomba bercerita bagi anak SD/MI se Kota Bukittinggi karena memiliki banyak manfaat untuk mengembalikan kegemaran membaca pada anak. 
 
“Perkembangan teknologi saat ini berdampak negatif pada budaya membaca. Terutama anak anak yang lebih suka bermain gadget dari pada baca buku. Kita khawatir hal ini dapat memengaruhi perkembangan kepribadian anak, yang sebagian tidak sesuai dengan etika dan norma masyarakat,” ungkap Fiona, ketika membuka Lomba Bercerita bagi anak SD/MI di Hotel Dymens, Selasa (06/04).

Kata Fiona, dalam mengatasinya, seluruh pihak harus bisa mengarahkan anak agar rajin membaca, karena buku menjadi sumber ilmu pengetahuan. 

Lomba ini tentu memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak, serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku. 

Mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya daerah lokal yang mengandung nilai kehidupan yang lebih baik, bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda.

“Dengan lomba bercerita ini, kita bisa menumbuhkembangkan kecintaan anak terhadap karya budaya anak bangsa. Mempersiapkan generasi muda dari semua penjuru nusantara yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca,Semoga dengan rajin membaca, akan lahir anak anak Bukittinggi yang sukses di kemudian hari, karena dengan membaca kita akan kaya dengan ilmu pengetahuan,” ujar Fiona.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Drs. Johnny menjelaskan, lomba ini merupakan bagian dari kegiatan gerakan budaya gemar membaca dan dalam penyelenggaraannya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Lomba tingkat SD/MI ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Ada dua lomba, pertama lomba bercerita atau bertutur tingkat SD dan MI serta lomba pustaka tingkat SLTP dan SLTA. Hari ini dilaksanakan lomba bercerita saja. Tahun ini lomba diikuti oleh lebih dari 20 sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bagi yang terbaik nanti akan mewakili Bukittinggi dalam lomba bercerita tingkat Sumatera Barat, bahkan tidak tertutup kemungkinan hingga tingkat nasional,” jelas Johnny.*


Wartawan : Anasrul
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi