HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN PASAMAN

  • Minggu, 28 Maret 2021
Pasca Musyawarah, Haryadi Pimpin Alumni GMNI Di Pasaman
PA GMNI Kabupaten Pasaman

Lubuk Sikaping (Minangsatu) - Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang berdomisili di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat menggelar kegiatan musyawarah bersama, konfrensi pers dan deklarasi bersama pembentukan Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, bertempat di Hotel Emir Lubuk Sikaping, (27 s/d 28 Maret 2021).

Kegiatan deklarasi bersama yang berlangsung di tanah kelahiran pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol ini dihadiri sejumlah kader-kader eks GMNI dimasanya dari berbagai kampus yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia.

Acara musyawarah bersama, deklarasi dan konfrensi pers ini berlangsung dari sabtu pagi hingga minggu sore, rentetan acara yang padat kegiatan alumni GMNI ini, diawali dengan rapat  pembentukan pengurus PA GMNI Pasaman dan Pasaman Barat yang akan diusulkan ke DPP hingga kemudian digelar deklarasi bersama dan konfrensi pers.

Dalam kegiatan ini, Haryadi, eks ketua Cabang GMNI Bogor dan pernah menjadi Presidium GMNI periode 2011-2013 hasil kongres ke XVII Balikpapan Kaltim ini disusulkan untuk memegang Ketua Pimpinan Alumni GMNI di tanah Tuanku Imam Bonjol, Pasaman.

Sedangkan eks Ketua Cabang GMNI Padang Maswandi Harmen, didaulat menjadi Ketua PA GMNI Pasaman Barat.

Melalui dukungan kepada Haryadi untuk memimpin alumni GMNI Pasaman dan Andi Armen di Pasaman Barat. Mereka akan menyampaikan itu ke DPP untuk ditetapkan sebagai kepengurusan PA GMNI Pasaman dan Pasaman Barat.

"Kami memilih alumni yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas serta jaringan yang luas," kata Ketua Panitia musyawarah Yuspik Helmi.

Menurutnya, Haryadi dan Andi Armen memenuhi kriteria tersebut dan sangat pantas, demi tegak dan berdirinya GMNI di Pasaman dan juga Provinsi Sumatera Barat.

Haryadi dinilai memiliki banyak keunggulan dan tidak diragukan untuk simbol organisasi.

Para perserta yang merupakan Alumni GMNI ini berharap kepengurusan PA GMNI Pasaman dan Pasaman Barat pada masa mendatang bisa menjalin bersinergi dengan pemerintah daerah dalam penanganan pandemi COVID-19 dalam waktu dekat. Salah satunya dengan memastikan bahwa semua masyarakat bisa mendapatkan akses untuk vaksinasi.

Sementara untuk jangka panjang, PA GMNI Pasaman dan Pasaman Barat diharapkan menjadi motor penggerak pemupuk semangat nasionalisme dan gotong royong ditengah ancaman radikalisme.

Andi Armen, sebagai penggerak alumni GMNI ini nantinya di Pasaman akan berperan dalam menyikapi kondisi daerah serta turut serta dalam mensukseskan Pembangunan.

Sementara Haryadi, ketua Alumni Pasaman mengatakan, bahwa Pasaman sebagai basis sejarah ideologis pejuang kemerdekaan dan merupakan tanah tuanku, perlu dimasa mendatang merefleksikan kembali semangat ini kepada para generasi muda.

Disisi lain ditengah tantangan global hari ini, para anak anak muda sebagai penerus bangsa dimasa mendatang perlu mempersiapkan diri menjadi pribadi yang berbudaya dan menunjung tinggi nilai nilai dan etika negara Pancasila.

Haryadi juga berharap dalam waktu dekat bersama pengurus PA GMNI yang lain akan segera masuk ke kampus kampus untuk mencari anak muda yang akan bergabung di GMNI nantinya.

Menurutnya, tantangan kedepan yang ada didepan mata adalah berperan aktif kembali memupuk semangat dan ideologi-ideologi yang dianut para pendiri bangsa terdahulu kepada para generasi muda. 

"Kita optimis dan yakin, sebab Sumatera Barat sesuai dengan fakta sejarahnya adalah penyumbang para tokoh nasional," pungkas Haryadi.*


Wartawan : M. Afrizal
Editor : Benk123

Tag :#gmni, #pasaman