HOME SOSIAL BUDAYA NASIONAL

  • Rabu, 16 Desember 2020
Kekuatan Budaya lokal Warnai Rakornas FKPT, yang Ditutup Kepala BNPT, Boy Rafli Amar.
Kepala BNPT, Dr. Boy Rafli Amar, menyerahkan piagam penghargaan kepada FKPT Jawa Timur, yang masuk peringkat dua, FKPT terbaik di tanah air.

Bali (Minangsatu) - Adalah isteri Gubernur Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster, mengagetkan audiens ketika tampil pertama. Ia begitu mahir dalam menyuarakan puisi perjuangan dengan gerak teaterikal yang pas.

Sekitar 150an penonton di hotel Westin Nusa Dua, terpana menyaksikan kepiawaian Nyonya Koster ini mengalunkan nilai-nilai kesetiaan kepada negara. Ini menjadi penanda masuk acara inti penutupan Rakornas FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) ke-5 tahun 2020, Bali, Rabu (16/12/2020) malam.

Terdengar vokalnya yang kokoh terkadang lembut dan tiba-tiba bisa keras dengan penuh semangat. Meski dibawakan dalam bahasa daerah, namum tetap terasa merasuki jiwa penonton, diperindah ritme musik tradisional Bali yang begitu dinamis.

Penampilan Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Bali itu, benar-benar menjadi pemantik sinar perjuangan 128 orang pengurus FKPT di tanah air, termasuk 2 (dua) orang tokoh masyarakat dari Papua dan Papua Barat, dalam acara penutupan Rakornas FKPT.

Kepala BNPT, Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, MH, memberi apresiasi tinggi atas penampilan Ni Putu Putri Suastini Koster itu. "Ini kekayaan, sekaligus kekuatan budaya kita di Bali dan di semua provinsi Indonesia, kita memiliki keanekaragaman tradisi dan kearifan lokal," tutur Kepala BNPT saat menutup Rakornas FKPT V/2020, yang sudah berlangsung sejak Selasa (15/12/2020).

Menghidupkan nilai-nilai kebudayaan yang memuat kearifan lokal, menurut Boy Rafli Amar, menjadi tugas penting jajaran FKPT saat kembali ke daerah masing-masing setelah Rakornas di Bali. Sebab nilai-nilai kebangsaan yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini bersumber dari kehidupan yang dijiwai rakyat. "Kita tinggal merawat kehidupan kebangsaan saja dengan narasi yang positif di media masa dan media sosial, sebab dunia maya bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menggiring publik dan memprovokasi kepada hal-hal yang tidak baik dan merusak kesatuan bangsa," terang Kepala BNPT.

Dikatakan, FKPT menjadi lini penting dalam mencerdaskan masyarakat terutama generasi milenial agar terjauh dari pengaruh terorisme. Karena itu BNPT bersama FKPT dan pemuka masyarakat, bersama-sama saling menguatkan dan mendorong moderasi kehidupan beragama. "Dengan demikian akan hilang sendiri sikap-sikap ekstrem, merasa benar sendiri dan menyalahkan orang lain," tutur Boy Rafli.

Selain pembacaan puisi, ada sajian dan nyanyian dari seniman di tanah air, Sofyan Saleh mengalunkan lagu ciptaannya berjudul "Mengabdi" kemudian Syaiful, bernyanyi sambil memetik gitarnya.

Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol R. Ahmad Nurwakhid, SE, MM, mengumumkan FKPT DKI Jakarta, terpilih sebagai FKPT favorit dalam penilaian Tim BNPT. Sementara FKPT terbaik lima besar tahun 2020; 1. FKPT Jawa Tengah, 2. FKPT Jawa Timur, 3. FKPT Sulawesi Selatan, 4. FKPT Gorontalo, dan 5. FKPT NTT.

Panitia dari BNPT juga menyerahkan hadiah bagi pemenang jenis lomba video pendek Kita Indonesia, lomba karya Jurnalistik Mencegah dan Menghadapi Aksi Radikal Terorisme, dan lomba inovasi pembelajaran inspiratif. Masing-masing pemenang lomba diberi hadiah uang tunai, Rp15 juta juara pertama, Rp12,5 juta juara dua, dan Rp10 juta untuk juara tiga.

Acara penutupan Rakornas FKPT V/2020 ini diisi juga dengan tampilan pejabat BNPT, Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat, Dr. Andi Intang Dulung MH. Ibu Andi Intang, menyanyikan lagu "Jangan ditanya kemana Aku pergi" sebagian liriknya diganti dengan kata-kata memberi semangat, ternyata akan mengakhiri masa tugasnya di BNPT 31 Desember 2020. Ini perpisahan yang berkesan bagi banyak pihak terutama para Ketua FKPT se Indonesia, yang memberi bunga tanda kenangan, bahkan Kepala BNPT memberikan foto Andi terbingkai dalam ukuran besar.      


  


Wartawan : Batuah
Editor : ranof

Tag :#Kepala bnpt#Boy rafli amar#Fkpt 32 provinsi#Rakornas fkpt di balanjoan#