HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Sabtu, 3 April 2021
Kapolres Dharmasraya Pimpin Sertijab Tiga Pejabat Polres
Penandatangan berita acara serah terima jabatan pejabat Polres Dharmasraya

Dharmasraya (Minangsatu) - Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, pimpin upacara serah terima jabatan tiga pejabat teras Polres se. 

Kegiatan dipusatkan di halaman Mapolres kabupaten anyar itu, dihadiri Kabag, Kasat, Kapolsek sejajaran, dan para perwira dan Bintara Polres Dharmasraya lainnya, Sabtu (3/4/21).

AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, saat itu mengatakan bahwa jabatan Waka Polres Dharmasraya sebelumnya ditempati Kompol Hendra Syamri, sekarang telah mendapat jabatan promosi sebagai Kabagbinops Ditlantas Polda Sumbar, digantikan Kompol Alwi, sebelumnya menjabat sebagai Kabagops Polresta Padang. 

Selanjutnya, posisi Kabagops, sebelumnya ditempati Kompol Rifa’i, mendapat jabatan promosi sebagai Wakapolres Solok Kota, digantikan Kompol Nasrul Effendi, sebelumnya menjabat Kabagsumda Polres Dharmasraya. 

Sedangkan posisi jabatan Kabagsumda Polres Dharmasraya saat ini, ditempati Kompol Didik Pujianto, sebelumnya menjabat sebagai Kabagren Polres Pesisir Selatan.

Aditya juga menyebutkan bahwa, proses mutasi di lingkungan Polri merupakan hal biasa, demi kepentingan regenerasi, serta penyegaran organisasi ditubuh Polri. Selain itu, merupakan proses manajemen untuk mendapatkan pejabat terbaik dalam menempati jabatan strategis. 

Apalagi, dalam menghadapi dinamika perkembangan zaman semakin canggih ini, tentunya Polri memiliki tugas dan tantangan semakin berat, dan kompleks. Makanya diperlukan sitem pembinaan manejemen personil Polri, guna mendapatkan sosok kompetensi di bidangnya.

"Apabila kepercayaan dilaksanakan penuh dengan tanggung jawab, serta ikhlas, tentu akan menjadi ladang ibadah. Karena jabatan itu, merupakan amanah, dan titipan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu, jangan di sia-siakan," Sebutnya. 

Selain itu, Aditya juga menyampaikan bahwa Wakapolres, memiliki tigas utama, membantu Kapolres dalam melasakanakan tugas dengan mengandalikan pelaksanaan tugas-tugas staf seluruh satuan organisasi jajaran Polres, dalam batas kewenangan memimpin Polres, dalam hal Kapolres sedang berhalangan, atau dalam melaksanakan tugas lain sesuai perintah Kapolres.

Selanjutnya, Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kapolres mengenai tugas, serta merumuskan dan menyiapkan Program Kerja Polres. Seterusnya memimpin, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengendalikan pelaksanan tugas fungsi pembinaan, maupun fungsi Operasional.

Memelihara dan mengawasi Pelaksanaan prosedur kerja serta membina disiplin, tata tertib dan kesadaran hukum dilingkungan Polres, serta bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolres.

Selanjutnya Kabagops, dan Kabagsumda, merupakan unsur pimpinan sebagai pengawas membantu pimpinan dalam pelaksanaan tugas harian di bawah kendali Wakapolres, dan akan dipertanggungjawabkan kepada Kapolres sebagai pimpinan utama. 

Adapun Bagops bertugas merencanakan dan mengendalikan administrasi operasi kepolisian, pengamanan kegiatan masyarakat, atau instansi pemerintah, sekaligus menyajikan informasi, dan dokumentasi kegiatan Polres serta mengendalikan pengamanan markas. 

"Selanjutnya, Bagsumda bertugas melaksanakan pembinaan administrasi personil, sarana dan prasarana, pelatihan fungsi pelayanan kesehatan, bantuan dan penerapan hukum," jelas Aditya.*


Wartawan : Syaiful Hanif
Editor : Benk123

Tag :#polresdharmasraya