HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Minggu, 18 Oktober 2020
Jelang Enam Tahun Berbuat, Wali Nagari Aia Gadang Junaidin, SH Berupaya membangun Fasilitas Umum saat pandemik

AIA GADANG (minangsatu) - Menjelang Tahun ke-6  Kepemimpinan Junaidin membawa roda pemerintahan Nagari Aia Gadang terlihat menunjukan peningkatan dari segi pembangunan Fasilitas umum, tatanan masyarakat yang di gencarkan dengan kegiatan didikan subuh.

Dari tahun ke tahun pihaknya aktif merealisasikan fasilitas umum baik dari Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Anggaran Dana Nagari (ADN) tak terkecuali di tahun 2020 yang terhitung tahun di ujung periode jabatannya.

Ditahun 2020 meski dikenal dengan tahun COVID, dan terlihat begitu Kocar-Kacirnya pemerintahan daerah hingga Nagari (Desa) akibat peralihan setiap anggaran untuk penanganan dan pencegahan pandemik COVID -19 ini. Namun, wali Nagari Aia Gadang, Junaidin,SH tetap tidak lepas kendali dan berfikir keras agar bisa merealisasikan kepentingan Umum dapat terlaksana.

Seperti yang di sampaikan Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat (Kaur Kesra) pemerintahan Nagari Aia Gadang, Kasman mengatakan, di tahun 2020 Pemerintahan Nagari Aia Gadang membangun Gedung Taman Kanak- Kanak (TK) di Kejorongan Batang umpai dengan Volume 114,5 Meter persegi yang bersumber dari Dana Desa.

"Selain itu, ada pembukaan Jalan menuju TK, Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 6 titik yang tersebar di Enam Kejorongan Nagari Aia Gadang, dan pembangunan jamban sebanyak 24 titik yang juga bersumber dari Dana Desa dengan sistim pekerjaan pola Padat Karya Tunai seperti diamanatkan dalam peraturan desa, dengan tujuan membantu perekonomian masyarakat dalam masa pandemi saat sekarang," katanya kepada Minangsatu, Kamis (15/10).

Kata Kaur kesra, Hal itu karena kepiawaian Wali Nagari yang tetap berkomitmen mengutamakan kepentingan masyarakat terutama di bidang pendidikan, pencegahan stanting, Pertanian dan mengentaskan angka kemiskinan.

Menurutnya, bagi Wali Nagari, Fasilitas pendidikan, pertanian dan memberantas kemiskinan adalah hal yang terpenting dalam setiap menjalankan roda pemerintahan, karena baginya tanpa tiga hal itu mustahil kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Ditahun sebelumnya Wali Nagari terlihat gencar membangun sarana dan prasarana umum seperti jalan usaha tani, jamban dan RTLH yang tidak pernah absen setiap tahun dalam program pemerintahan Nagari, begitu juga dengan pembangunan Fasilitas pendidikan, dan ke agamaan sepertinya gedung MDA.

Kemudian, Kata Kasman, berkat gagasan Wali Nagari Aia Gadang dan kesolitan perangkat beserta staf saat ini telah terbentuk gerakan peduli sesama dari  bantuan infak dan sedekah yang di kumpulkan perangkat Nagari untuk di salurkan kepada masyarakat.

Sementara, Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin,SH saat di temui di ruang kerjanya mengatakan, Pihaknya dari Pemerintahan Nagari akan berupaya semaksimal mungkin untuk tetap merealisasikan fasilitas-fasilitas umum meskipun itu terbatas karena minimnya anggaran yang di sebabkan pandemik saat ini.

"Selain itu, untuk tahun ini Pemerintahan Nagari juga merealisasikan listrik gratis kepada 95 KK miskin dan listrik gratis ini tiap tahunnya juga tidak pernah absen dalam setiap program Nagari, dan kita juga telah mendirikan Pondok Alqur'an Nagari Aia Gadang" katanya.

Ia menyampaikan, berkat gagasan pemerintahan Nagari Aia Gadang dan kesolitan perangkat beserta staf saat ini telah terbentuk gerakan peduli sesama dari  bantuan infak dan sedekah yang di kumpulkan perangkat dan juga berdirinya pondok Alquran nagari aia gadang.

"Mudah-mudahan di tahun berikutnya pemerintahan Nagari dapat merealisasikan setiap usulan masyarakat yang masuk melalui Aspirasi kejorongan maupun saat musrenbang, dan mari kita saling mendoakan agar masa pandemik ini segera berakhir," kata Wali Nagari.

Ia berharap kepada masyarakat Nagari Aia Gadang tetap menjaga kesehatan dan mematuhi aturan pemerintah serta melaksanakan Protokol Kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker serta sering mencuci tangan.

"Mari jaga imun tubuh dengan berolah raga agar kita semua terhindar dari Covid- 19. Kepada masyarakat di harap jangan panik atas pandemik ini, pemerintahan Nagari juga telah menyediakan Sarana olah raga di kantor Wali Nagari seperti Lapangan Badminton dan Tenis meja, silahkan berolah raga," kata Wali Nagari.


Wartawan : Afratama
Editor : boing

Tag :#PasamanBarat#WaliNagariAiaGadang#WasilitasUmum