HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PAYAKUMBUH

  • Minggu, 9 Mei 2021
H-5 LEBARAN, RIZA FALEPI TINJAU PASAR PAYAKUMBUH
Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat meninjau pasar Payakumbuh

Payakumbuh (Minangsatu) - Jelang hari raya Idul Fitri 1442 H, pengunjung pasar Payakumbuh membludak. Bahkan tempat parkir kendaraan roda dua yang berada di bawah kanopi jalan A. Yani sudah mulai berlipat.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Minggu (9/5) berkunjung ke areal pasar  untuk melihat-lihat suasana pasar jelang lebaran nanti. Dalam monitoring tersebut Riza menilai tingkat kepatuhan protokol kesehatan dan ketertiban pasar Payakumbuh sudah cukup tinggi.

"Tingkat kepatuhan cukup tinggi, kita hanya menemukan beberapa orang saja yang tak mematuhi protokol kesehatan, itu pun langsung kita tegur bersama petugas di pasar, pertahanakan," kata Riza Falepi yang datang didampingi OPD terkait.

Riza menyebut, dirinya sengaja turun ke pasar untuk memastikan bagaimana protkes berjalan dan sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat.

"Update Covid-19 terakhir untuk Kota Payakumbuh berada di Zona Orange. Untuk itu kami terus menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita menyadari kondisi Covid-19 saat ini meningkat. Ini sudah menjadi hal biasa grafiknya naik menjelang lebaran dan tahun baru berdasarkan pengalaman tahun lalu," ungkapnya.

Wali kota dua periode itu juga menjelaskan yang paling penting adalah Covid-19 jangan sampai tak terkendali, karena rumah sakit tak bisa mampu menampung penderita Covid-19 bila banyak yang positif.

"Kalau penyebarannya terkendali dan landai, serta tracing ratenya tinggi, maka kita bisa memetakan kondisi sehingga lebih mudah kita mengambil kebijakan," sebutnya. 

Hal lain, tambah Riza, tak hanya wali kota saja yang bertanggung jawab dengan Covid-19 ini, namun semua orang. 

"Jaga jangan sampai kita yang menyebarkan Covid-19 kepada orang lain. Terutama yang sembarangan tak pakai masker. Kita hanya bisa mengendalikan Covid-19, menghindarinya ini yang susah. Kalau angka kasus naiknya jadi belasan masih wajar, tetapi kalau sudah jadi ratusan, ini yang bahaya," tukuknya.

Sementara itu, Dahler Kepala Dinas Koperasi dan UKM menjelaskan selain menugaskan trantib untuk menjaga areal masuk pasar, ada petugas yang mobile dengan membawa pengeras suara menghimbau pengunjung pasar agar memakai masker.

"Kita berkolaborasi dengan kawan-kawan Satpol PP untuk melakukan penindakan kepada pengunjung yang tidak disiplin prokes, serta Dishub dan Lantas Polres untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di area pasar," terang Dahler. 

Pantauan Minangsatu, tak hanya pasar yang ramai dikunjungi masyarakat. Namun, toko-toko pakaian jadi yang berada di Jalan Soekarno Hatta juga sudah mulai membludak.*


Wartawan : Fegi Andriska
Editor : Benk123

Tag :#payakumbuh