HOME BIROKRASI KABUPATEN AGAM

  • Rabu, 31 Maret 2021
Bupati Agam Tekankan Pentingnya Forum Konsultasi Ranwal RPJMD
Suasana saat forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD berlangsung

Agam (Minangsatu) -Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, menggelar forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD) setempat tahun 2021-2026, Rabu (31/3/21).

"Konsultasi publik rancangan awal RPJMD ini merupakan dokumen perencanaan yang akan menjadi arah kebijakan Kabupaten Agam lima tahun kedepan," ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Agam, Welfizar di sela kegiatan.

Dikatakan, setelah melakukan konsultasi publik ini, hal tersebut akan diskusikan dengan anggota DPRD dan sesudah itu akan kita review kemudian di evaluasi di provinsi," ujarnya.

"Beberapa hari yang lalu, pihaknya sudah melakukan orientasi penyusunan RPJMD, guna memberikan masukan dan saran dari pemangku kepentingan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr H Andri Warman mengatakan, pentingnya forum konsultasi publik dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dan menghimpun harapan dari seluruh pemangku kepentingan yang akan dimuat dalam dokumen perencanaan pembangunan.

Pihaknya berharap, pemerintah provinsi dan pusat, beserta seluruh pemangku kepentingan, untuk senantiasa memberikan dukungan secara penuh demi terlaksananya pembangunan di Kabupaten Agam.

"Karena keterlibatan seluruh pihak akan menjadi daya dorong yang kuat demi terwujudnya masyarakat Agam yang lebih maju. Dalam rangka mewujudkan visi misi Kabupaten Agam yakni, mewujudkan Kabupaten Agam maju, masyarakat sejahtera, menuju Agam Mandiri Berprestasi yang Madani," ucapnya.

Dilain itu, Andri Warman juga membeberkan lima visi yang dirumuskan diantaranya, menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani. Membangun perekonomian masyarakat yang kokoh melalui optimalisasi sumber daya daerah dan pengembangan pariwisata.

Selanjutnya, Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, keterpaduan tata ruang wilayah dan mitigasi bencana. Membangun masyarakat yang mandiri, berdaya saing, berkualitas dan berkarakter dan meningkatkan kehidupan bermasyarakat yang madani, berlandaskan ABS-SBK.

Guna memperdalam dan mempertajam arah kebijakan dan strategi dalam mencapai visi dan misi daerah untuk lima tahun yang akan datang, bupati membentuk 10 tim ahli perumus RPJMD 2016-2021.

"Disamping dukungan elemen, dukungan tim ahli ini menjadi spirit bagi kita bersinergi menyusun desain pembangunan Agam ke depan," tegas bupati.

Terakhir, bupati yang dikenal dekat dengan masyarakat itu juga berpesan untuk sama sama menyumbangan fikiran gagasan serta ide-ide untuk menuju Kabupaten Agam yang lebih maju.

"Gagasan itu tentunya terkonstruktif dan terstruktur lebih jelas, sehingga  memudahkan dalam menyusun RPJMD tersebut," ulas bupati. 

Forum tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, anggota DPRD Agam, unsur Forkopimda Plus, kepala OPD, kepala instansi vertikal, pimpinan BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan sejumlah tokoh masyarakat.*

 


Wartawan : M. Fadillah
Editor : Benk123

Tag :#agam, #rpjmd