HOME PERISTIWA KOTA SOLOK

  • Sabtu, 3 April 2021
BPBD bantu Warga Komplek Solinda singkirkan kayu yang tumbang
Upaya pembersihan pohon tumbang di Kota Solok

Solok (Minangsatu) – Musibah angin kencang yang terjadi di seluruh wilayah daerah Sumatera Barat sejak Rabu malam hingga Kamis pagi (1 April 2021), tak kecuali kawasan Kota Solok juga berembus cukup kencang dan berputar-putar bahkan menghantam enam buah rumah di Sawah Piai Tanah Garam, bukan itu saja satu buah rumah ditimpa batang kelapa di Sinapa Piliang.

Bahkan Pandam Pekuburan Warga Komplek Wisma Solok Nan Indah Tanahgaram di Muaro juga ditimpa beberapa pohon besar yang tumbang dihantam angin kencang. 

"Berkat bantuan Tim BPBD Kota Solok, Sabtu (03/4/21) pohon yang menimpa kuburan dapat dipotong sinso dan dibersihkan," ujar Rusdi dan Delfi kepada Minangsatu seusai goro dibantu Tim BPBD.
 
Kalaksa BPBD Kota Solok Ikhlas didampingi Fera sebelumnya mengakui akibat angin kencang yang melanda Kota Solok membuat petugas BPBD siap siaga untuk merespon dimana kejadian. 

"Bahkan selalu siap bila ada masyarakat minta bantu seperti Warga Komplek Wisma Solok Nan Indah pohon tumbang di pandam pekuburan, tak berapa lama pohon tumbang itu dapat disingkirkan dengan memotong puluhan bagian," ujar Iklas.

Bahkan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait langsung meninjau rumah masyarakat yang terdampak akibat cuaca ekstrim.

Kerusakan yang ditimbulkan akibat diterpa angin  diantaranya rumah penduduk ditimpa pohon tumbang, atap rumah diterbangkan angin berada di Kelurahan Tanah Garam, Kelurahan Nan Balimo, Kelurahan VI Suku dan Kelurahan Sinapa Piliang. Kondisi rumah korban mengalami rusak dengan tingkat kerusakan berbeda-beda.

Kesempatan itu Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra serahkan bantuan logistik darurat kebencanaan kepada warga terdampak angin kencang. Dan menginstruksikan OPD terkait secepatnya melakukan upaya penanganan pasca cuaca ekstrim, terutama masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan.*


Wartawan : Zulnazar
Editor : Benk123

Tag :#kotasolok