HOME WEBTORIAL PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Senin, 22 Maret 2021
Bantuan DSP BNPB Untuk Abrasi Pantai Padang
Penanganan abrasi di belakang masjid Al Hakim Padang

Padang(Minangsatu).  Tiga titik abrasi Pantai Padang, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan penanganan menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB. Tiga titik tersebut adalah Kawasan Masjid Al Hakim, Tugu Merpati  dan Pasir Jambak.

Erman Rahman Kalaksa BPBD Sumbar mengatakan  DSP yang diturunkan untuk proyek penanganan transisi darurat ke pemulihan abrasi pantai Kota Padang tersebut sebesar Rp19 miliar.

Erman juga mengatakan, "Pengerjaan itu ditargetkan 70 hari kerja selesai. Penanganan abrasi dilakukan dengan pemasangan batu seawall, grip, ground T atau penghalang ombak, sehingga masjid dan tugu merpati tetap berdiri kokoh,titik-titik ini masuk kawasan wisata, mudah-mudahan setelah ini terbebas dari abrasi".

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo sebelumnya sudah turun melihat dampak abrasi di pantai Padang. Ia menyebutkan, "Bencana abrasi di kawasan Tugu Merpati Kota Padang merupakan ancaman yang permanen, maka dari  itu, solusi yang diperlukan juga harus permanen".

Abrasi yang terjadi di pantai Padang tersebut sudah sangat parah, bahkan tugu merpati yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo terancam akan ambruk, demikian juga halnya dengan Masjid Al Hakim yang berada di Pantai Padang.Abrasi pantai sudah mencapai pondasi masjid hingga perlu penanganan secepatnya.

Salah satu pedagang rental mainan dikawasan tugu merpati  mengatakan  "Sebelum ada penanganan abrasi pantai, kawasan tugu merpati sepi pengunjung karena adanya abrasi pantai sehingga kawasan ini berantakan dan kotor. Sekarang setelah adanya batu grip untuk menanggulangi abrasi pantai pengunjung yang datang kembali ramai dan saya berharap pariwisata di pantai Padang ini semakin maju dan ramai pengunjung."

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BPBD Sumbar, Suryadi E. ST MT, mengatakan kawasan Pasir Jambak juga akan dibangun Sea Wall (penahan ombak) di sekitar bibir pantai.

Dijelaskannya, Pembuatan Sea Wall ini bertujuan untuk menanggulangi terjadinya bencana abrasi pantai.

"Dengan selesainya pembangunan Sea Wall ini, semoga nantinya dapat mengatasi masalah abrasi pantai pada masing-masing titik kawasan” harap Suryadi.


Wartawan : Eka Risnayenti
Editor : boing

Tag :#BPBD#BNPB#abrasi #padang