HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN SOLOK SELATAN

  • Selasa, 24 Januari 2023
117 PPS Solok Selatan Dilantik Serta Diberikan Bimbingan Teknis
Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita melantik 117 anggota PPS. (vino)

Padang Aro (Minangsatu) - Pelantikan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Solok Selatan, berlangsung Selasa (24/1/2023) di Hotel Pesona Alam Sangir. Sebanyak 117 orang anggota PPS dilantik serta diberikan Bimtek selama 2 hari. 

Panitia Pemungutan Suara (PPS), adalah panitia yang dibentuk oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Pemilu di desa atau nama lain/kelurahan. Serta melaksanakan pemungutan untuk suara di tempat pemungutan suara.

Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi ikut menghadiri acara pelantikan yang dipimpin ketua KPU Kabupaten Solok Selatan Nila Puspita. 

Ketua KPU Solok Selatan mengatakan, sebelumnya KPU telah melantik 35 anggota PPK dan hari ini sebanyak 117 anggota PPS pun dilantik. Nantinya PPK dan PPS ini akan ditempatkan di wilayah Kecamatan dan nagari, sebagai perpanjangan tangan KPU di tingkat kecamatan dan nagari. 

"Inilah wajah-wajah yang nantinya akan betugas menjalankan tahapan pemilu, ketika para anggota tidak sesuai dengan fakta integritas maka akan menerima sanksi yg berlaku," tegas Nila.

"Jagalah kode etik penyelengara pemilu dengan tidak melibatkan diri atau memihak kepada salah satu peserta pemilihan,” lanjutnya.

"Terakhir, berikanlah pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan wewenang yang diamanahkan dalam oleh Undang-Undang,” tutup Nila Puspita. 

Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan, lebih kurang 300 hari lagi pesta demokarasi (Pemilu) akan berlangsung dan dengan adanya kolaborasi antar lini sangat diperlukan guna kelancaran pelaksanaan pemilu. 

"Saya berharap seluruh anggota PPS yang telah dilantik sukseskan lah penyeleggaraan pemilu nantinya, sebab kesuksesan itu berada ditangan kita semua," ungkap Zigo

Bupati Khairunas pun ikut ucapkan selamat kepada anggota PPS yang baru dilantik dan semoga tugas yg diemban dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Kemudian Selaku kepala daerah akan mendukung secara aktif seluruh stakeholder dalam penyelenggaraan pemilu nantinya. 

"Kami akan fasilitasi apa yang dibutuhkan KPU nantinya guna kelancaran pesta demokrasi, sebab ini juga tanggung jawab kita sebagai pemerintah," ungkap Khairunas

Terakhir Khairunas juga himbau Pemerintah, Forkopimda untuk ikut berkolaborasi dengan KPU agar nantinya dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini KPU Kabupaten Solok Selatan mendapatkan peringkat terbaik tingkat kabupaten maupun nasional. (*)


Wartawan : Alvino
Editor : Benk123

Tag :#solokselatan, #kpu, #pps

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News