HOME PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Rabu, 4 Maret 2020
Warisan Tambang Batubara Ombilin, Digarap Tahun Ini
Rakor antardinas pendukung sektor Pariwisata di Sumbar, Rabu (4/3/2020), di Padang. Foto Zardi.

Padang (Minangsatu) - Aktivasi event Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) akan segera dimulai tahun 2020. Ini merupakan komitmen bersama Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Provinsi dengan 7 Dinas berserta komunitas terkait di 7 Kabupaten/ Kota, yaitu kota Padang, Padang Panjang, Sawahlunto, kota Solok, kabupaten Padang Pariaman, Tanah Datar, Kab. Solok. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, SE, MA, Akt pada saat Rapat Koordinasi di Dinas Pariwisata, Rabu, (4/3 2020).

Kadis Pariwisata Sumbar itu menyatakan, kegiatan ini ditujukan untuk menindaklanjuti penetapan UNESCO pada Juli 2019 di Azerbaidjan yang dikoordinir pengusulannya oleh Dinas Kebudayaan Provinsi. 

" Untuk selanjutnya akan diisi dengan berbagai aktifitas dan event kepariwisataan oleh Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Kota Terkait sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Sumatera Barat", ujarnya. 

Novrial juga mengatakan, output yang disepakati dalan Rakor ini adalah penetapan objek-objek fisik yang akan menjadi destinasi, dukungan kegiatan dan event di tahun 2020 dan peningkatan rencana kegiatan yang terintegrasi di tahun 2021.

"Hal-hal lain yang segera diupayakan seperti pembentukan Badan Pengelola tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, regulasi pendukung Pergub, Perbup/ Perwako, ditambah dengan pemasangan prasasti UNESCO di setiap objek, serta dukungan akses dari PU dan dukungan amenitas lain dari berbagai sumber yang memungkinkan seperti dari CSR BUMN dan swasta", harapnya.


Wartawan : relis humas
Editor : ranof

Tag :#tambang_batubara_ombilin_digarap#