HOME OLAHRAGA RANTAU

  • Selasa, 18 Januari 2022
Vio "Gondrong" Harfiandi, Penggemar Randi Chandra Yang Kejar Mimpi Juara Liga 3 Nasional Bersama Batavia FC
Vio Harfiandi dengan Trofi Juara Liga 3 Asprov DKI 2021 yang diraihnya bersama Batavia FC

Jakarta (Minangsatu) - "Betul. Bang Randi Chandra adalah orang pertama yang  saya lihat waktu saya masih SSB. Kapten Batang Anai tersebut mempunyai freekick dan umpan yang bagus. Apa yang telah ia perlihatkan sangat menginspirasi saya untuk menjadi pemain profesional," ujar Vio Harfiandi lewat pesan singkat kepada Minangsatu, Selasa (18/01/2022).

Selain Randy Chandra, diakui si "gondrong" ini duo Brazil juga sangat memotivasinya untuk meraih mimpi menjadi pemain sepakbola.
"Neymar Jr dan Beto Goncalves adalah dua pemain Brazil dengan skill serta naluri gol yang tinggi. Khusus Neymar, saya juga sangat mengidolakannya semenjak kelas 5 SD. Neymar adalah seniman sepakbola," tuturnya.

Seiring prestasi Batavia FC menjadi Juara Liga 3 regional DKI, terdapat tiga nama "urang Awak" yang menjadi pemain penting di balik prestasi tersebut. Selain Ibnu Mareza, Fauqa Nur Ikhsan, nama Vio Harfiandi adalah satu mutiara asal Sunur Pariaman yang juga sedang meniti prestasi menjadi jawara nasional Liga 3 tahun 2021/2022.

Vio memulai pendidikan sepakbola di SSB Sunur Jaya dan SSB Gempar Pauh Kamba Pariaman. Bakatnya kemudian dilirik Semen Padang Yunior pada 2014. Dua tahun menimba ilmu di Indarung, Vio mencoba lagi menimba ilmu di akademi PSP Padang. 

Tahun 2018, Vio lolos seleksi Diklat PPLP Sumbar. Di tahun yang sama, iapun berkesempatan bergabung dengan Timnas pelajar dan sukses menjadi runner up pada ajang pelajar Asia di India. Berkat prestasi tersebut, Viopun mendapat panggilan untuk bergabung dengan Elite Pro Academy (EPA) Semen Padang FC tahun 2019 yang dilanjutkan EPA bersama Bali United tahun 2020.

Seiring bergulirnya Liga 3 Nasional, "si Gondrong" panggilan akrab Vio, mendapat tawaran bergabung dengan Batavia FC. Di bawah asuhan Supriono, Ilham Romadhona, dan Bambang Harsoyo, Vio semakin terasah dan menjadi salah satu pemain kunci Batavia FC saat menjadi jawara Liga 3 Asprov DKI.

Diakui fans Barcelona ini, sebelum bergabung dengan Batavia FC, dirinya juga mendapat beberapa tawaran termasuk dari klub-klub lokal Sumatera Barat. Namun, ia memantapkan pilihannya untuk berkarir di DKI.
"Ini adalah kesempatan sekaligus tantangan baru  bagi saya. Pastinya di DKI liga sangat kompetitif dan ini baik untuk masa depan saya," bebernya.

Pilihan yang tepat bagi Vio. Selama gelaran Liga 3 dirinya selalu diturunkan pelatih Supriono dan telah berkontribusi 3 assists. Batavia FC pun keluar sebagai jawara DKI dan sedang berjuang untuk meraih promosi ke Liga 2 tahun 2022.

Sejatinya perjalanan karir Vio baru saja dimulai. Baginya dukungan dan do'a dari orang tua adalah kunci keselamatan dan kesuksesannya sejauh ini.

"Terimakasih untuk orang tua dan keluarga yang selalu mendo'akan dan mensupport saya. Semoga kedepan saya tetap bisa berprestasi dan membanggakan keluarga serta ranah Minangkabau," pungkasnya.

 

Data Pribadi

Nama :Vio Harfiandi
Tempat/tanggal lahir: Pariaman, 27 Agustus 2001
Posisi: Penyerang Sayap, full back, dan gelandang serang

Karir:
- SSB Sunur Jaya (2010)
- SSB Gempar (2013)
- Semen Padang Junior (2014)
- Akademi PSP Padang (2016)
- PPLP Sumbar (2018-2019)
- Timnas Pelajar (2018)
- Porprov Solok Selatan (2018)
- EPA U-18 Semen Padang (2019)
- EPA U-20 Bali United (2020)
- Batavia FC  (2021-sekarang)

Prestasi
- Juara 1 di ajang Singa Cup Singapura (2013)
- Menpora  Cup bersama PSP Padang (2016)
- Fase nasional Suratin bersama Semen Padang (2017)
- Juara 2 timnas pelajar U-18 di india (2018)
- Suratin nasional bersama PSP Padang (2018)
- Juara 3 Popwil di Aceh
- Juara 2 Porprov Padang Pariaman bersama Solok Selatan (2018)
- Juara 1 Liga 3 DKI bersama Batavia FC.*


Wartawan : Rivo
Editor : Benk123

Tag :#vioharfiandi, #vioharfiandiminangsatu, #vioharfiandibataviafc, #bataviafc, #viosigondrong, #pesepakbolaasalpariaman, #batanganai, #randichandra