HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN

  • Selasa, 28 September 2021
Tujuh Bulan Menjabat Bupati Pasaman, Kinerja Benny Utama Dalam Merealisasikan Program Strategis Sangat Brillian
Bupati Pasaman, Benny Utama

Lubuk Sikaping (Minangsatu) - Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, H. Benny Utama dan Sabar AS sudah memimpin daerah ini tujuh bulan sejak dilantik pada 26 Februari 2021 yang lalu. 

Berbagai program strategis telah mulai dan sedang direalisasikan guna mencapai visi menjadikan masyarakat Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Dari catatan Minangsatu, tentang tujuh bulan pertama H. Benny Utama menjabat Bupati Pasaman, telah membuat kabupaten paling utara di Provinsi Sumatera barat ini terus bergerak maju ke jalur yang benar.

(Bupati Pasaman saat tinjau proyek pembangunan di Dinkes Pasaman)

Stabilisasi kondisi politik di tengah-tengah masyarakat yang heterogen pasca pelaksanaan Pilkada Pasaman, tanpa euforia kemenangan dan dibarengi sikap cooling down. Hal ini tentu membuat kenyamanan dan ketenteraman bagi masyarakat.

Selain itu, identifikasi potensi masalah sosial dan resiko bencana di tiap-tiap Kecamatan se-Pasaman, senantiasa dilakukan bupati Benny Utama.

Tak kalah pentingnya, Benny Utama selaku Bupati Pasaman dan Sabar AS selaku Wakil Bupati Pasaman, selalu hadir mengunjungi dan melaksanakan Musrenbang di kecamatan. 

(Bupati Benny Utama bersama petani ikan di Rao)

Ini merupakan cara brilliant Benny Utama menyerap informasi awal, sekaligus silaturrahmi dengan seluruh stake holder, para tokoh, ninik mamak, kaum ibu, dan generasi muda di seluruh kecamatan se-Pasaman.

"Salah satu faktor yang membuat Benny Utama sangat bagus dalam memimpin Pasaman, adalah beliau selalu melakukan validasi seluruh data, sebelum perencanaan dan eksekusi program, pembangunan dan kemasyarakatan," ungkap Budhi Hermawan, salah seorang ASN di Pemkab Pasaman kepada Minangsatu, Selasa (28/9).

Budhi juga mengatakan, bahwa Benny Utama dalam menjalankan roda pemerintahannya, sangat matang membuat program, strategi, dan regulasi daerah guna upaya penanganan wabah pandemi Covid-19 secara ketat, tegas dan terukur di ranah Pasaman Saiyo.

(Bupati Pasaman, Benny Utama bersama Menteri Kementerian Desa PDTT RI)

Hal ini tampak dalam penyusunan serta membuat kerangka strategis pembangunan daerah dan program pensejahteraan masyarakat, yang dituang dalam RPJMD Pasaman tahun 2021-2026.

Menyusun strategi dan penganggaran percepatan pembangunan di lima kecamatan pinggir Pasaman, mulai dari Kecamatan Dua Koto, Rao Utara, Mapattunggul, Mapattunggul Selatan, hingga Kecamatan Tigo Nagari.

Salah satu langkah strategis dan sangat jenius, adalah memulai tahapan kegiatan program pembangunan jalan dari Bonjol ke akses Pintu Tol Sumatera di Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota. 

(Benny Utama saat kunjungi PBM sekolah di masa pandemi)

Ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat Pasaman, dengan akses jalan yang semakin berbanyak terhubung akan membuat roda perekonomian masyarakat lebih menggeliat.

Benny Utama menyiapkan strategi, regulasi serta penganggaran program wajib belajar 12 tahun atau pendidikan gratis dari SD hingga SLTA/sederajat, bagi seluruh anak usia didik di Pasaman, melalui APBD tahun 2022.

Menyiapkan eksekusi program dan penganggaran UHC (Universal Health Coverage) atau asuransi kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Pasaman yang belum tertampung dalam program BPJS Kesehatan, dimulai tahun 2022 melalui APBD Pasaman.

(Bupati Benny Utama saat rapat internal bersama Sekda dan Kepala OPD Pemkab Pasaman)

Membuat program pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan implementasi program Satu Jorong Satu Pustu, dengan eksekusi program mulai TA 2022, dan melengkapi layanan kesehatan dengan menambah 10 dokter spesialis baru di RSUD Lubuksikaping, dengan fasilitas insentif tambahan rutin Rp180 jt setiap tahun (Rp15 jt/bln), plus rumah dan mobil dinas.

Mengupayakan dan mendesak Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk berdirinya Pabrik Pakan Ikan yang didambakan sejak lama oleh petani ikan Pasaman. 

Pabrik rencananya di lelang di kementerian KP pada November 2021 dan dibangun awal tahun 2022.

(Benny Utama saat tinjau proyek pembangunan ruang rawat inap Ibnu Sina Panti)

Mengupayakan berdirinya Kampus Universitas Negeri di Kabupaten Pasaman, kerjasama dengan Rektorat UNP, yang akan dimulai pembangunanya tahun 2022.

Menyiapkan strukrur Organisasi Perangkat Daerah yang efektif efisien, sekaligus kajian analisa jabatan (anjab) kebutuan rill Pemkab Pasaman,  kerjasama dengan kalangan akademisi perguruan tinggi dan praktisi profesional.

Membahas rencana kerja program dan rencana kerja anggaran APBD tahun 2022, bersama DPRD Pasaman.

(Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Benny Utama-Sabar AS bersama Kakan Kemenag)

Selain itu, beliau selalu mencari dan menggaet sumber-sumber pembiayaan di luar alokasi DAU dan DAK APBD Pasaman. Baik yang ada di Pemprov, maupun sumber di kementerian dan lembaga RI, guna percepatan pembangunan dan pemulihan infrastruktur yang rusak di Kabupaten Pasaman.

Ini sedikit gambaran terkait kinerja dan program strategis yang tengah dan telah dilakukan bupati H. Benny Utama, diluar agenda rutin dan kegiatan harian formal sebagai Bupati Pasaman.*


Wartawan : M. Afrizal
Editor : Benk123

Tag :#pasaman