HOME PERISTIWA NASIONAL

  • Rabu, 23 November 2022
TRC Semen Padang Pusatkan Pencarian Korban Gempa Cianjur Di Desa Cegenang Yang Dilaporkan Hilang
Tim TRC Semen Padang sedang melakukan pencarian korban gempa di Cianjur

Padang (Minangsatu) - Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dikirim PT Semen Padang ke lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, langsung bergerak cepat dengan melakukan pencarian terhadap korban gempa yang masih dilaporkan hilang, Rabu (23/11/2022). 

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, relawan TRC dikirim ke lokasi bencana gempa Cianjur atas intruksi dari Menteri BUMN Erick Thohir. Dan, Semen Padang sebagai bagian dari SIG, memiliki relawan TRC yang mempunyai berbagai kemampuan di bidang rescue. 

"Semoga, relawan TRC Semen Padang yang dikirim perusahaan ke lokasi gempa bermagnitudi 5,6 yang mengguncang Cianjur, dapat selalu menjaga kesehatannya dan utamakan keselamatan selama menjalani misi kemanusiaan di lokasi gempa," kata Anita, Rabu sore. 

Koordinator TRC Semen Padang untuk gempa Cianjur, Saparudin menambahkan, pencarian terhadap korban gempa di Cianjur yang dilakukan relawan TRC Semen Padang dipusatkan di  Desa Cegenang. Di sana, ada banyak korban yang dilaporkan hilang akibat gempa yang terjadi pada Senin (21/11/2022) siang. 

"Informasi yang didapat dari Posko Utama SAR, diketahui bahwa di Desa Cegeneng itu ada 37 jiwa yang dilaporkan hilang. Dari jumlah tersebut, 5 korban yang terdiri dari suami istri dan 3 anak-anak telah ditemukan oleh SAR gabungan sehari sebelumnya," kata Saparudin. 

Untuk pencarian yang dilakukan hari ini, sebut Saparudin, belum ada penambahan penemuan korban yang dilaporkan hilang. Bahkan, TRC Semen Padang bersama SAR gabungan telah menelusuri sejumlah reruntuhan bangunan dan tanah longsor untuk mencari korban hilang. 

Pencarian korban hilang di lokasi reruntuhan dan tanah longsor, dilakukan secara manual menggunakan cangkul dan peralatan lainnya, serta menggunakan bantuan alat berat dan bantuan anjiang pelacak. "Saat ini, masih ada 32 korban gempa yang masih dilaporkan hilang di Desa Cegenang," ujarnya. 

Selain melakukan pencarian terhadap korban gempa, kata Saparudin melanjutkan, sebelumnya pada pukul 08.00 WIB, TRC Semen Padang melakukan briefing bersama BUMN Peduli, dan setelah itu mendirikan tenda Posko Komando BUMN Peduli di Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur. 

"Setelah mendirikan tenda Posko Komando BUMN Peduli, kami pun langsung mengunjungi Posko Utama Basarnas di Banjar Pinang, Kabupaten Cianjur, untuk registrasi. Barulah setelah itu, kami melakukan pencarian terhadap korban gempa yang dilaporkan hilang di Desa Cegenang," ujarnya. 

Sebelumnya, Selasa (22/11/2022), Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar, melepas 10 relawan TRC Semen Padang ke lokasi bencana gempa di Cianjur. 10 relawan itu terdiri dari Saparudin, Daski Wandi, Syafrizal, Syantos Priadinata, Indra Yokto Buana, Muhammad Hosen Nurdin, Armel Agusli, Novian, Andri Sumarli dan  Rifo Asprilia. 

Relawan TRC dari perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia tenggara itu sampai di lokasi bencana gempa pada Rabu (23/11/2022) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Setiba dilokasi gempa, relawan TRC Semen Padang langsung berkoordinasi dengan BUMN Peduli.(*rilis)


Wartawan : Rivo Septian / Rilis Humas PT.SP
Editor : boing

Tag : #semenpadang #ptsemenpadang #trcsemenpadang

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News